LAPORAN
PRAKTIK
KERJA LAPANGAN (PKL)
DI
MATAHARI DEPARTEMENT STORE TASIKMALAYA
TAHUN
AJARAN 2018/2019
Diajukan untuk memenuhi salah satu
syarat mengikuti
Ujian PKL Kompetensi Keahlian Bisnis
Daring dan Pemasaran
Disusun oleh :
NAMA : Adelia Syafira
NIS : 1718101361
KELAS : XII PEMASARAN 1
PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA BARAT
CABANG DINAS PENDIDIKAN WILAYAH XIII
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BANJAR
Jalan K.H. Mustofa Telp-Fax (0265)
741722-744860 Kota Banjar
Kota Banjar 46311
2019
Nama :
Adelia Syafira
NIS / NISN :
1718101361 /
Tempat / Tanggal Lahir : Ciamis, 30 Agustus 2002
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan
Pemasaran
Jenis Kelamin :
Perempuan
Nama Sekolah : SMK
NEGERI 1 BANJAR
Alamat
Sekolah :
Jl. Dr. Hussein Kartasasmita Kota Banjar
No. Telepon Sekolah : 0265- 741722
Pembimbing Sekolah : Dra. Yanti Kadaryati
Nama Orang Tua / Wali : Dalio Purwanto
Alamat Orang Tua / Wali : Ds. Sidaharja, Kec.
Pamarican, Ciamis
Nomor Telepon / HP. : 085323007
Pekerjaan Orang Tua /
Wali : Pensiunan
|
Tasikmalaya,
20 Agustus 2019
|
|
Adelia
Syafira
|
LEMBAR PENGESAHAN
JUDUL : Laporan Hasil Praktik Kerja
Lapangan (PKL) di Matahari
Departement
Store Tasikmalaya
Telah
diterima dan disetujui oleh Store Manager Matahari Departement Store
Tasikmalaya dan Guru Pembimbing Sekolah SMK N 1 Banjar pada :
Hari :
Tanggal :
Pukul :
Mengetahui,
Pembimbing MDS
Tasikmalaya Pembimbing Sekolah
Irfan Rachman W Dra.Yanti Kadaryati
S. 10 NIP.
Store Manager Kepala Sekolah
PT. Matahari Depstore, Tbk Tasikmalaya
Budi
Priyanto Dra.
Hj Nunung Erni N.,M.M.Pd
S. 01/000246 NIP.
LEMBAR PERSETUJUAN
JUDUL : Laporan Hasil Praktik Kerja
Lapangan (PKL) di Matahari
Departement
Store Tasikmalaya
Telah
diterima dan disetujui oleh Kepala Sekolah dan Tim Penguji Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri 1 Banjar Pada :
Hari, Tanggal :
Pukul :
Tempat :
Tim Penguji,
Penguji I Penguji
II
NIP. NIP.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Dra.
Hj Nunung Erni N.,M.M.Pd
NIP.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah
memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan
hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini, yang penulis laksanakan dari tanggal 4
Maret sampai 23 Agustus 2019.
Laporan hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini
dibuat untuk diajukan sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti ujian nasional
/ ujian akhir sekolah (UN/UAS) tahun ajaran 2018/2019.
Tersusunya laporan hasil Praktik Kerja Lapangan
(PKL) ini berkat bantuan, dorongan dan bimbingan kepala sekolah, dewan guru,
orang tua, pemilik dan pembimbing Matahari Departement Store Tasikmalaya, serta
rekan-rekan di SMK Negeri 1 Banjar.
Selanjutnya atas terlaksananya dan terselesaikanya
Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini, penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada
:
- Dra. Hj Nunung Erni N.,M.M.Pd. selaku Kepala
Sekolah
- Budi Priyanto selaku Store Manager
Matahari Depstore Tasikmalaya
- Irfan Rachman Wiryadinata selaku
pembimbing dari perusahaan
- Dra. Yanti Kadaryati selaku
pembimbing dari sekolah
Selanjutnya penulis menyadari bahwa dalam pembuatan
laporan ini masih banyak kekurangan dan kekeliruan. Oleh karena itu penulis
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi sempurnanya Laporan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini. Semoga laporan hasil Praktik Kerja Lapangan
ini dapat berguna dan bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada
umumnya.
Tasikmalaya,
20 Agustus 2019
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL............................................................................................................................................ i
IDENTITAS PENYUSUN.............................................................................................................................. ii
LEMBAR PENGESAHAN........................................................................................................................... iii
LEMBAR PERSETUJUAN........................................................................................................................... iv
KATA PENGANTAR........................................................................................................................................ v
DAFTAR ISI.......................................................................................................................................................... vi
BAB 1 PENDAHULUAN............................................................................................................................... 1
1.1.Latar Belakang.................................................................................................................................... 1
1.2.Pengertian Praktik
Kerja Lapangan (PKL)........................................................................... 1
1.3.Landasan Praktik
Kerja Lapangan (PKL)............................................................................. 2
1.4.Tujuan Praktik
Kerja Lapangan (PKL)................................................................................... 2
1.5.Waktu Praktik Kerja
Lapangan (PKL) .................................................................................. 3
1.6.Manfaat Pembuatan
Laporan....................................................................................................... 4
BAB II URAIAN UMUM............................................................................................................................... 5
2.1.Profil Matahari
Departement Store Tasikmalaya............................................................... 5
2.2.Visi dan Misi........................................................................................................................................ 7
2.3.Program Matahari
Departement Store..................................................................................... 8
2.4.Struktur Organisasi......................................................................................................................... 10
2.5.Tugas dan Fungsi............................................................................................................................ 11
2.6.SOP........................................................................................................................................................ 14
BAB III KEGIATAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)............................................ 16
BAB IV PENUTUP.......................................................................................................................................... 19
4.1.Kesimpulan......................................................................................................................................... 19
4.2.Saran...................................................................................................................................................... 20
LAMPIRAN.......................................................................................................................................................... 22
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Pelaksanaan PKL
Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah sesuatu
yang diselenggarakan untuk memberikan
pendidikan serta menjadikan siswa/siswi lebih mandiri, yaitu pendidikan
yang sudah diberikan oleh guru-gurunya di sekolah seperti materi jurusan/keahliannya masing-masing bisa
langsung di praktikkan oleh siswa/siswi di tempat Praktik Kerja Lapangan.
Banyak pengalaman
yang kami dapatkan serta ilmu yang
tidak dipelajari disekolah. Adapun tujuan utama
dalam melakukan Praktik Kerja Lapangan
ini yaitu agar siswa/siswi setelah lulus dari sekolah sudah lebih siap bekerja
dan menjadikan sebagai pengalaman yang sekarang menjadi modal untuk bekerja
setelah lulus sekolah.
Dengan di
selenggarakan nya Praktik
Kerja Lapangan ini sangatlah baik dan berguna bagi setiap
siswa/siswi SMK NEGERI 1 BANJAR untuk mendapatkan suatu gambaran yang nyata di
dalam memasuki dunia kerja dan
menerapkan pengalaman yang telah di dapatkan dari pekerjaan yang di geluti.
Dalam penyusunan judul
karya tulis ini, kami sesuaikan dengan
tempat kami PKL yakni Matahari
Departement Store Tasikmalaya yang bergerak dalam bidang ritel. Selama
menjalani Praktik Kerja Lapangan, penulis di
tempatkan dan ditugaskan sebagai pramuniaga di area pakaian remaja (world youth).
1.2. Pengertian Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Praktik kerja lapangan
(PKL) adalah salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron
antara program pendidikan sekolah dengan program pengusaha atau instansi. Keahlian yang diperoleh
melalui kegiatan kerja secara langsung untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.
Disamping dunia usaha, praktik kerja lapangan
(PKL) dapat memberikan keuntungan pada pelaksanaan itu sendiri
yaitu sekolah. Karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolah bisa di dapat di
dunia usaha. Sehingga dengan adanya praktik kerja lapangan (PKL) ini, dapat meningkatkan mutu dan relevensi Pendidikan
Menengah Atas yang ada dan diarahkan untuk mengembangkan suatu sistem yang mantap antara dunia pendidikan dan dunia
usaha.
1.3. Landasan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
1.
Undang- undang
no 20 tahun 2003, tentang sistem
pendidikan nasional.
2.
Kepmen pendidikan
dan kebudayaan no
323/u/1997, tentang penyelenggaraan
prakerin SMK.
3.
Peraturan Pemerintah
No. 29 tahun 1990 tentang
Pendidikan Menengah.
4.
Kepmendikbud No.
080/V/1993 tentang kurikulum sekolah menengah kejuruan.
1.4. Tujuan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan
(PKL)
Tujuan di adakan pelaksaan Praktik Kerja
Lapangan (PKL) antara lain :
1.
Untuk
memperkenalkan siswa pada dunia usaha,
2.
Meningkatkan
daya kreasi, memperluas dan
produktifitas terhadap siswa
sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha
yang sesungguhnya,
3.
Meluaskan
wawasan dan pandangan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana
siswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL),
4.
Memberi pengakuan
dan penghargaan terhadap pengalamaan
kerja sebagian dari mengajar,
5.
Mempunyai gambaran
tentang kehidupan tenaga kerja lulusan SMK bagi perusahaan,
6.
Mengembangkan
kepribadian, melatih disiplin diri dalam mengerjakan suatu pekerjaan serta
rapi dalam melaksanakan setiap pekerjaan,
7.
Memberikan
kemantapan mental kepada siswa/siswi bahwa kedisiplinan tidak hanya diterapkan
di dunia Industri (Luar Pendidikan) masalah kedisiplinan juga sangat di
tekankan,
8.
Siswa/siswa
dapat memberikan timbal balik dari ilmu yang telah diterapkan selama
melaksanakan PKL untuk diterapkan dan
dikembangkan disekolah sesuai dengan kondisi yang ada (Fasilitasnya).
1.5. Waktu
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Kami Melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari Tanggal 04 Maret sampai
23 Agustus 2019. Bertempat di
Matahari Departemet Store Tasikmalaya, Jln. Veteran
No.10, Cilembang, Kec. Cihideung , Tasikmalaya. Telepon (0265)
335080.
Jam kerja dibagi menjadi 3 shift, yakni
:
a.
Shift 1 : Pukul 08:00 WIB s/d 16:00 WIB
b.
Shift 2 : Pukul 12:30 WIB s/d 20:00
WIB
c.
Shift 3 : Pukul 14:00 WIB s/d 21:30
WIB
1.6. Manfaat Pembuatan Laporan
Melalui pembuatan laporan ini
siswa/siswi diharapkan untuk :
1.
Dapat dijadikan
sebagai dokumentasi penting terhadap pelaksanaan
PKL,
2.
Laporan ini
merupakan salah satu syarat untuk mengikuti UN/UAS.
3.
Jika belum
membuat laporan peserta tersebut berarti tidak bisa mengikuti UN/UAS.
BAB II
URAIAN UMUM
2.1. Profil Matahari Departement Store
Gambaran Umum
Lokasi PKL
Nama Instansi/Perusahaan/Lembaga : Matahari Departement Store Tasikmalaya
Alamat : Jln. Veteran No.10, Cilembang, Kec. Cihideung , Tasikmalaya
No Telepon/Fax : (0265) 335080
Letak Geografis Lokasi PKL
Peta Lokasi Prakerin : Sumber dari Google
Maps
|
Sejarah Matahari
Departement Store Tasikmalaya
Pada awalnya Matahari berdiri pada
tanggal 24 Oktober 1958. saat itu Matahari masih berupa toko kecil berukuran
150 m2. waktu itu toko tersebut hanya menjual pakaian. Toko ini berdiri di
kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat yang diberi nama toko Mickey Mouse.
Saat itu Bapak Hari Darmawan beserta
istrinya Ana Janti bekerja keras merintis usaha mereka dibantu oleh semua
keluarga dan ditambah karyawan sebanyak 10 orang.
Tahun 1972 usaha bapak Hari Darmawan
makin maju sehingga memutuskan membeli toko baru yang bernama De Zone yang
luasnya 6 kali lebih luas dari toko yang sebelumnya. Kemudian toko tersebut
berganti nama menjadi Matahari yang diambil dari arti kata De Zone itu sendiri
yang berasal dari Bahasa Belanda.
Saat itu bapak Hari Darmawan meminjam
uang ke Bank untuk merenovasi toko tersebut sehingga menjadi toko fashion yang cukup lengkap. Karena
usahanya yang terus berkembang bapak Hari Darmawan membagi kepercayaan kepada
orang lain. Pengelolaan toko tersebut diserahkan kepada Kho Tjoeng yang
diangkat sampai menjadi kepala toko pertama di Matahari.
Pada
masa itu logo Matahari diciptakan atas bantuan sahabatnya dari Jepang yakni Mr.
Takashi, waktu itu pula semua barang yang dijualnya merupakan produk impor sedangkan barang lokalnya hanya sedikit maka
Matahari saat itu menjadi toko fashion
paling komplit dan eksekutif dibandingkan dengan toko lain.
Pada
tahun 1973 toko Mickey Mouse diubah menjadi toko peralatan olah raga yang
diberi nama toko Athlete Foot. Pada waktu
itu perkembangan toko Matahari mulai berkembang pesat dan muncul kepala toko
yang baru yang dipercaya bapak Hari Darmawan perkembangan toko mulai dari
Bogor, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Cirebon, Surakarta, Medan, Sidoarjo,
Semarang, Kudus, Denpasar, Tasikmalaya, jumlah toko pada tahun 1995 mencapai 59
toko.
Pada
tahun 1975 terjadi perubahan kebijakan bidang perdagangan yang berubah menjadi
2 target pasar yaitu target pasar menengah ke atas dan target pasar menengah ke
bawah.
Untuk
berdirinya toko Matahari Tasikmalaya pada awalnya berdiri pada bulan Oktober
1991 dengan luas 8000 m
dari
lantai 1 sampai dengan lantai 3 dan berdiri di Jln. Veteran No 10 Tasikmalaya,
pada waktu itu Matahari Departement Store Tasikmalaya menjual dari pakaian
sampai dengan kebutuhan sehari-hari dan diberi nama Departement Store Asoka
Plaza.
Pada
tanggal 21 Agustus 1995 terkena musibah kebakaran. Setelah terbakar kemudian
mencoba membuka usaha kembali toko baru di kawasan
Jl. H.Z Mustofa dengan nama Matahari Altamira.
Setelah
berjalan sekitar 2 tahun, Matahari Altamira tersebut menerima musibah lagi dibakar
oleh masa ketika kota Tasikmalaya terjadi kerusuhan pada tanggal 25 Desember
1996. Pada akhirnya membuka kembali dijalan Empang yang diberi nama Matahari
Empang, yang beroperasi sambil menunggu perbaikan gedung yang ada di Jalan Veteran No. 10 Tasikmalaya selesai. Setelah
selesai dibangun, kemudian pindah
ke toko yang baru di Jalan Veteran No. 10 Tasikmalaya diberi nama toko Matahari
Mega M pada tanggal 06
Desember 1996. Kemudian pada tahun 2000 Matahari mengalami perubahan dari
Matahari Mega M menjadi Matahari Departement Store Tasikmalaya yang masih berjalan sampai sekarang.
2.2. Visi
dan Misi Matahari Departement Store
§ Visi Matahari Department Store :
“Semua orang Indonesia mampu tampil menarik
dan nyaman”.
§ Misi Matahari Departement Store :
“Menyediakan berbagai kebutuhan fashion berkualitas dan terjangkau bagi
para pelanggan dengan suasana yang ramah, sehingga dapat memberikan pengalaman
belanja yang menyenangkan dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan”.
2.3. Program Matahari Departement Store
1.
All for one, one
for the customer
“Semua unsur yang baik menjadi satu,
bekerjasama untuk melayani customer
dan mencapai kepuasan customer”.
a.
Customer
Experience (Pengalaman Pelanggan)
1.
Keterlibatan
antara awak toko dengan customer
2.
Menampilkan visual merchandise yang atraktif
3.
Mengetahui
kebutuhan customer dan memiliki
pengetahuan tentang produk
4.
Kasir yang cepat
dan akurat
5.
Toko harus
memberikan suasana yang nyaman : semua peralatan harus berjalan dengan baik
seperti AC, eskalator, dan memberikan fasilitas yang baik.
6.
Melakukan
“tambah” (add on item) kepada
customer
b.
Empower dan
evolve (memperkuat dan berevolusi)
1.
Memahami data
analisis bisnis dan sales growth
2.
Menguasai data,
IT, dan bahasa inggris
3.
Coaching
/ mengembangkan / memotivasi tim
4.
Mengetahui
kondisi pasar dan eksternal
5.
Mengetahui
perubahan pasar dan ekonomi / evolusi perubahan perilaku customer
6.
80% pimpinan down to earth
7.
Keterlibatan
staf (S3P) merubah cara kerja kita secara konsisten dan menggunakan sistem (planogram)
waktunya merubah mind-set
8.
Kreatif dan
inisiatif
c.
Operation
Exelent (operasional yang terbaik)
1.
Ikuti SOP
2.
SPG atau SA
merespon dengan baik, ramah, dan juga membantu customer
3.
Pastikan semua
peralatan berfungsi dengan baik dan zero
accident
4.
Sirkulasi yang
baik untuk menciptakan pengalaman berbelanja
5.
Display visual merchandise (center point
dan show window) yang disiapkan
dengan baik untuk self service
6.
Fast service,
kasir yang ramah dan komunikatif terhadap customer
7.
Selalu ingat
slogan kita yaitu Feel Good.
2.
SMART (Speed, Measurement,
Attitude, Rational, To Earth)
Matahari memiliki
program yang disingkat menjadi SMART, yang merupakan kepanjangan dari Speed, Measurement, Attitude, Rational, dan
To Earth. Adapun arti dari SMART adalah :
1.
Speed
: bekerja dengan cepat dan tepat
Cepat namun harus tetap
hati-hati untuk mencegah terjadinya kesalahan. Dalam bekerja kita perlu
ketepatan dan kecepatan dalam melayani
customer agar customer merasa
puas berbelanja di Matahari
2.
Measurement
: pola kerja yang terukur
Dalam membantu customer kita tidak perlu menghabiskan
waktu berlama lama untuk mencari produk yang dibutuhkan costomer sehingga customer
merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan.
3.
Attitude
: sikap yang baik
Sebagai pramuniaga kita
harus melayani customer dengan sikap
yang baik, karena customer sangat
memperhatikan sikap kita saat melayaninya.
4.
Rational
: pola kerja yang rasionnal
Mengerti apa yang dibutukan customer
5.
To Earth
: bekerja di area 80%, di back office
20%
Kita sepenuhnya
mementingkan posisi bekerja di area untuk melayani customer, dan di back office
kita hanya mementingkan sedikit untuk mengetahui perkembangan di toko kita.
2.4. Struktur
Organisasi Matahari Departement Store Tasikmalaya
1.
Store Manager : Budi Priyanto
2.
Ast. Store
Manager : Ecin Kuracin
3.
Supervisor HRS :
Asep Sarip Hidayat
4.
Supervisor Kassa :
Eli Rustiati
5.
Supervisor VM : Pepep Kurnia
6.
Supervisor Area
a.
World Youth :
Irfan Rachman Wiryadinata
b.
World Mens :
Felisha Gita Lasa
c.
World Ladies : Rachman Efendi
d.
World Children :
Dadan R.K
e.
World Shoes
& Bags : Pepep Kurnia
f.
World Home &
Toys : Pepep Kurnia
7.
Coordinator
a.
Coordinator
Youth :
Yana Cahyana
b.
Coordinator Mens :
Jaka Wardaya
c.
Coordinator
Shoes :
Anap
d.
Coordinator
Children : Jaka Wardaya
e.
Kassa : Sunita
8.
EDP :
Kiki
9.
ADM :
Siti Aminah
10. Ekspedisi : Haerul P
Ai Suwarni
11. VM Artist : Sansan
Iim Tasliman
12. Teknisi :
Ujang Solihat
Deni Dinaris
13. Kasir
14. SA/SPG/SPB/BA
2.5. Tugas dan fungsi
a.
Store Manager
1)
Penanggung jawab
Matahari Department Store tertinggi.
2)
Bertanggung
jawab terhadap pengawas dan pengadilan seluruh bagian di Matahari Department
Store.
3)
Menyusun dan
menetapkan kerja serta anggaran rencana perusahaan sesuai kebutuhan.
4)
Mengkoordinasi
semua kegiatan perusahaan.
b.
Ast Store
Manager
1)
Sebagai
penanggung jawab tertinggi dibawah store manager.
2)
Membantu Store
Manager dalam melaksanakan tugasnya.
3)
Membantu
menyusun dan menetapkan rencana kerja serta anggaran perusahaan sesuai dengan
kebutuhan.
4)
Bersama dengan
supervisor menyusun strategi penjualan dan store
promotion.
c.
Supervisor
1) Bertanggung jawab terhadap operasional counter area masing-masing.
2) Mengkoordinir, memimpin counter area, mencakup SDM, sales, angka kehilangan dan lain-lain.
3) Mengkoordinir pelaksanaan
kerja para karyawan.
4) Mengontrol keadaan counter.
5) Menangani
masalah barang yang cacat dan
rusak.
6) Memberikan motivasi kerja pada karyawan.
7) Memeriksa
absensi.
8) Mengatur operasional kasir (cash
register).
9) Merealisasi
barang yang diretur atau
dikembalikan.
10)
Bertanggung
jawab atas promosi yang sedang berlangsung di Matahari Department Store.
d. Coordinator
1) Mengkoordinir pelaksanaan
kerja para karyawan.
2) Menyampaikan dan menyelesaikan complain customer.
3) Mengontrol keadaan counter
4) Menangani
masalah barang yang cacat dan
rusak
5) Memberikan motivasi kerja pada karyawan.
6) Memeriksa absensi
7)
Membantu tugas
supervisor
e. EDP
Menarik penjualan yang ada pada masing-masing kassa untuk dimasukan dalam inventaris toko.
f.
Kasir
Menerima
pembayaran atau transaksi dari pelanggan yang berbelanja.
g.
Ekspedisi
Menerima barang dan mengecek barang yang datang untuk dicatat sesuai
value dan Qty yang ada pada faktur surat yang diterima sebagai pembukuan.
h.
VM (Visual
Merchandising)
Membuat suasana toko lebih menarik yang sesuai dengan tema acara yang berlangsung.
i.
Administrasi
1)
Membantu
permasalahan karyawan
2)
Mengumpulkan
bukti-bukti pembukuan
3)
Menyimpan semua dokumen dan bukti akuntansi
4)
Menerima surat lamaran
5)
Membagikan gaji
SPG
j.
Teknisi
Mengecek seluruh fasilitas yang berhubungan dengan listrik, AC, Eskalator, serta fasilitas komputer.
k.
Pramuniaga
1)
Membantu
koordinator dan supervisor dalam mengelola merchandise
/ barang dagangan di counter (area
penjualan).
2)
Membentuk
kepercayaan pelanggan terhadap performance
perusahaan (toko) dan kualitas barang yang dijual.
3)
Menebak
kebutuhan pelanggan dan membantu memilihkan barang yang sesuai dengan apa
yg di inginkan customer.
4)
Menjawab
pertanyaan pelanggan dan melayani complain
dari customer dengan baik.
5) Menginformasikan kualitas barang sampai dengan cara
perawatannya kepada customer.
6)
Melaksanakan
standar layanan pramuniaga dengan baik.
2.6. Standard Operating Procedure (SOP)
Matahari Departement Store
a.
SOP Masuk Area
1)
Grooming
sesuai standar
2)
Pakaian rapih
dan bersih
3)
Tidak bau badan
4)
Rambut klimis
5)
Tidak bau mulut
6)
Tidak membawa
barang pribadi ke area
b.
SOP Sebelum Buka
Toko
1)
Bersih-bersih
dan rapih-rapih counter
2)
Cek pajangan
3)
Memasang POP
promo yang akan berlangsung
4)
Mengikuti meeting umum / meeting counter
c.
SOP Buka Toko
1)
Buka toko pukul
09:30 WIB
2)
15 Menit sebelum
buka toko seluruh karyawan berada di depan mainroad
3)
do’a pembukaan
toko dipimpin MOD
4)
greeter
penyambutan customer di pintu utama
(maks. 6 orang)
5)
saat lagu buka
toko diputar tidak boleh melakukan aktivitas apapun
d.
SOP Tutup Toko
1)
Tutup toko pukul
21:30 WIB
2)
15 menit sebelum
tutup toko diputar lagu peringatan tutup toko
3)
10 menit sebelum
tutup toko diumumkan bahwa toko akan ditutup
4)
Seluruh karyawan
berkumpul di mainroad
5)
Doa penutup
dipimpin MOD
6)
Pergi
meninggalkan area dengan tertib
BAB III
KEGIATAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
A.
Waktu
Pelaksanaan
Kami Melaksanakan PKL Dari
Tanggal 04 Maret sampai 23 Agustus 2019. Bertempat di Matahari Departement Store Tasikmalaya, Jl. Veteran No.10, Cilembang, Kec.Cihideung,
Tasikmalaya. Telepon (0265) 335080.
Jam kerja diibagi menjadi 3 shift, yakni
:
a.
Shift 1 : Pukul 08:00 WIB s/d 16:00 WIB
b.
Shift 2 : Pukul 12:30 WIB s/d
20:00 WIB
c.
Shift 3 : Pukul 14:00 WIB s/d
21:30 WIB
B.
Deskripsi
Kegiatan
a. Kegiatan pramuniaga
sebelum buka toko :
1)
Membersihkan
area penjualan
2)
Merapihkan, menyusun,
dan memajang barang
3)
Memeriksa
kebersihan fixture dan area penjualan
lainnya
4)
Memeriksa
kelengkapan label harga
5)
Memeriksa
persediaan barang / stok barang
6)
Memperhatikan
pengumuman dan acara promosi
7)
Mengikuti meeting atau pengarahan
8)
Mengenakan semua
perlengkapan kerja
b. Kegiatan pramuniaga
operasional toko
1)
Menyambut
pelanggan dengan senyuman dan sapaan yang ramah
2)
Menjaga dan
merapihkan barang yang di jual
3)
Mengisi kembali
barang yang telah di jual
4)
Mengambil alih
tugas teman yang sedang cuti / off /
sakit
5)
Mengucapkan terima
kasih kepada pelanggan
6)
Menjaga keamanan
barang yang di jual
7)
Menjaga
kebersihan area penjualan
c. Kegiatan pramuniaga
menjelang tutup toko
1)
Mengucapkan
sapaan selamat malam dan terima kasih, silahkan datang kembali kepada
pelanggan.
2)
Memastikan area
penjualan tetap bersih
3)
Memastikan area
penjualan aman dari bahaya kebakaran
4)
Mengikuti
pengarahan dari atasan
Deskripsi
Kegiatan selama PKL dapat
dijelaskan di bawah ini :
1)
Melayani customer
2)
Mendisplay
barang
3)
Merapikan dan
menyusun barang di counter
4)
Membersihkan
area
5)
Memeriksa
kelengkapan label harga
6)
Memeriksa
persediaan barang
7)
Memasang alat
sensor mati
8)
Menyortir barang
aging
9) Membereskan barang di gudang
10) Mengecek dan mendata barang di ekspedisi
11) Memasang POP
12) Mensteamer pakaian yang akan dipajang
13) Mengikuti
meeting umum
14) Mengikuti pengajian rutin hari jum`at
15) Mengikuti kegiatan sabtu ceria
16) Mengikuti acara live
music
C.
Kesan dan Kendala Pelaksanaan PKL
1.
Kesan
Kegiatan dan bimbingan
yang diterapkan di Matahari Departement Store Tasikmalaya, merupakan suatu kelebihan yang membuat
kami merasa bangga. Inilah pengalaman
yang sangat berharga dalam proses pengembangan kemampuan diri yang akan
membantu dikemudian hari. Kami juga merasakan adanya kekeluargaan yang tinggi
sesama lapisan warga Matahari Departement Store Tasikmalaya. Banyak pelajaran
yang kami dapat disini, hard skill
dan soft skill kami benar-benar
dilatih disini. Program Keahlian yang kami pilih sangat sesuai dengan program kerja
yang ada di instansi ini sehingga pelajaran yang diberikan di sekolah dapat
kami terapkan di instansi tempat
pelaksanaan Prakerin.
2.
Kendala
Tidak adanya pergantian
tempat pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan, sehingga pengetahuan yang didapat kurang
menyeluruh.
BAB IV
PENUTUP
Sebagai
bagian akhir dari Laporan Praktik Kerja Lapangan ini, kami berharap semoga
laporan ini ada manfaatnya khususnya bagi peserta Praktik Kerja Lapangan dan
dunia pendidikan pada umumnya.
Kami merasa banyak kekurangan dalam
penyusunan laporan ini, oleh karena itu koreksi dan tanggapan yang sifatnya
konstruktif sangat kami harapkan dari pada pembaca laporan ini sehingga kami
dapat memperbaiki di masa yang akan datang.
Kepada semua pihak yang telah membantu
dalam penyusunan laporan ini, kami menghaturkan penghargaan dan ucapan
terimakasih yang setinggi-tingginya dan mudah-mudahan Alloh SWT memberikan
imbalan yang berlipat ganda Amin.
4.1.
Kesimpulan
Setelah penulis
melaksanakan PKL yang bertempat
di Matahari Departement Store
Tasikmalaya maka kami
selaku pembuat laporan
mendapatkan kesimpulan, sebagai
berikut:
a.
Kegiatan Praktek
Kerja Lapangan (PKL)
ini di laksanakan
sebagai pengembangan sarana belajar
siswa di Dunia
Usaha/Dunia Industri.
b.
Program Praktek
Kerja Lapangan (PKL)
yang sudah menjadi
program di sekolah kejuruan, sangat
besar artinya bagi
siswa untuk memperkenalkan dan
mempraktikan kerja secara langsung
di lapangan.
c.
Dengan di
adakan nya kegiatan
Praktek Kerja Lapangan
(PKL) ini, maka
dapat memberikan pelatihan kepada
siswa agar mampu
menyesuaikan diri di
dunia kerja, serta membuka
wawasan dan mendorong
kreatifitas siswa untuk
berinovasi di Dunia Usaha/Dunia Industri.
d.
Disamping itu,
siswa juga dapat
merasakan bagaimana arti
kerja keras, disiplin, tanggung jawab,
saling menghargai, dan
hidup dalam kemandirian.
e.
Dengan mengikuti
kegiatan Praktek Kerja
Lapangan (PKL) siswa
telah mendapatkan gambaran bagaimana
Dunia Kerja yang
sesungguhnya dan siap untuk
menghadapi Dunia Kerja karena
telah mendapatkan pengalaman
dari kegiatan ini.
4.2.
Saran-Saran
a.
Saran untuk Sekolah
1)
Pihak sekolah
tetap menjaga tali
silaturahmi dengan pihak
tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL)
agar dapat mempererat
hubungan persaudaraan di
antara keduanya.
2)
Penyaluran program
Praktek Kerja Lapangan
(PKL) harus sesuai
dengan Program keahlian yang
dimiliki siswa Prakerin.
3)
Para pembimbing
Praktek Kerja Lapangan
(PKL) lebih berperan
aktif dalam komunikasi dan
berkoordinasi dengan pihak
perusahaan dengan menjalin
hubungan yang baik
serta aktif dalam
mendampingi siswa PKL.
b.
Saran untuk
Matahari Departement Store Tasikmalaya
1)
Meningkatkan sosialisasi
atau kerjasama antara
pimpinan, pegawai, dan siswa-siswi prakerin
serta kepada customer, sehingga mampu
memberikan pelayanan yang
baik.
2)
Mengadakan acara-acara
diluar hari kerja
yang membangkitkan semangat dalam bekerja
yang mendorong kemajuan
perusahaan agar lebih
maju dan berkualitas.
3)
Dan mengadakan
evaluasi dalam setiap
kekurangan pelaksanaan Praktek
Kerja Lapangan (PKL) agar pelaksanaan
PKL di tahun yang
akan datang bisa lebih
optimal dan efektif.
LAMPIRAN
DOKUMENTASI PKL DI
MATAHARI DEPSTORE TASIKMALAYA
1.
Mendisplay
barang
Gambar 1.1
Gambar 1.2
2.
Melayani Customer
Gambar 1.3
Gambar 1.4
Gambar 1.5
3.
Memasang POP
Gambar 1.6
4.
Mengecek dan
mendata barang di ekspedisi
Gambar 1.7
Gambar 1.8
Gambar 1.9
5.
Mendisplay
produk di torso
Gambar 1.10
6.
Memasang alat
sensor matic
Gambar 1.11
Merapikan pajangan menggunakan streamer
Gambar 1.12
7.
Melayani customer di pintu utama
Gambar 1.13
8.
Menata produk di
bazar spesial hari kemerdekaan
Gambar 1.14
9.
Memasang label
harga
Gambar 1.15
Gambar 1.16
10.
Mengikuti pengajian
rutin hari jum’at
Gambar 1.17
11.
Mengikuti kegiatan
sabtu ceria
Gambar 1.18
12.
Mengikuti meeting umum setiap hari kamis
Gambar 1.19
13.
Mengikuti
kegiatan outbound yang diadakan oleh
Matahari depstore
Gambar 1.20
14.
Mengikuti acara
halal bihalal
Gambar 1.21
Gambar 1.22
15.
Lay Out Matahari
Departement Store Tasikmalaya
Gambar 1.23
16.
Struktur
Organisasi Matahari Departement Store Tasikmalaya
Gambar 1.24
Tidak ada komentar:
Posting Komentar