Selasa, 21 Juli 2020

Laporan PKL ( Praktik Kerja Lapangan ) Jurusan Bisnis dalam Jaringan dan Pemasaran di Matahari Depstore


LAPORAN
PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
DI MATAHARI DEPARTEMENT STORE TASIKMALAYA
TAHUN AJARAN 2018/2019


Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti
Ujian PKL Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran



Disusun oleh :

NAMA            : Adelia Syafira
NIS                 : 1718101361
KELAS           : XII PEMASARAN 1


PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA BARAT
CABANG DINAS PENDIDIKAN WILAYAH XIII
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BANJAR
Jalan K.H. Mustofa Telp-Fax (0265) 741722-744860 Kota Banjar
Kota Banjar 46311
2019











DENTITAS PENYUSUN

Nama                                                   : Adelia Syafira
NIS / NISN                                         : 1718101361 / 
Tempat / Tanggal Lahir                       : Ciamis, 30 Agustus 2002
Kompetensi Keahlian                          : Bisnis Daring dan Pemasaran
Jenis Kelamin                                      : Perempuan
Nama Sekolah                                     : SMK NEGERI 1 BANJAR
Alamat Sekolah                                   : Jl. Dr. Hussein Kartasasmita Kota Banjar
No. Telepon Sekolah                           : 0265-741722
Pembimbing Sekolah                          : Dra. Yanti Kadaryati
Nama Orang Tua / Wali                      : Dalio Purwanto
Alamat Orang Tua / Wali                    : Ds. Sidaharja, Kec. Pamarican, Ciamis
Nomor Telepon / HP.                          : 085323007
Pekerjaan Orang Tua / Wali                : Pensiunan
                                 






Tasikmalaya, 20 Agustus 2019




Adelia Syafira





LEMBAR PENGESAHAN

JUDUL           : Laporan Hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Matahari  
Departement Store Tasikmalaya

Telah diterima dan disetujui oleh Store Manager Matahari Departement Store Tasikmalaya dan Guru Pembimbing Sekolah SMK N 1 Banjar pada :
Hari                 :
Tanggal           :
Pukul               :

Mengetahui,

Pembimbing MDS Tasikmalaya                                  Pembimbing Sekolah



Irfan Rachman W                                                       Dra.Yanti Kadaryati
S. 10                                                                            NIP.


Store Manager                                                             Kepala Sekolah
PT. Matahari Depstore, Tbk Tasikmalaya



Budi Priyanto                                                              Dra. Hj Nunung Erni N.,M.M.Pd
S. 01/000246                                                               NIP. 





LEMBAR PERSETUJUAN

JUDUL           : Laporan Hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Matahari   
Departement Store Tasikmalaya

Telah diterima dan disetujui oleh Kepala Sekolah dan Tim Penguji Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjar Pada :
Hari, Tanggal              :
Pukul                           :
Tempat                        :

Tim Penguji,
Penguji I                                                          Penguji II



                                                                                                                           
NIP.                                                                NIP.


Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. Hj  Nunung Erni N.,M.M.Pd
NIP. 




KATA PENGANTAR
                                                                                                        
Puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini, yang penulis laksanakan dari tanggal 4 Maret sampai 23 Agustus 2019.
Laporan hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini dibuat untuk diajukan sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti ujian nasional / ujian akhir sekolah (UN/UAS) tahun ajaran 2018/2019.
Tersusunya laporan hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini berkat bantuan, dorongan dan bimbingan kepala sekolah, dewan guru, orang tua, pemilik dan pembimbing Matahari Departement Store Tasikmalaya, serta rekan-rekan di SMK Negeri 1 Banjar.
Selanjutnya atas terlaksananya dan terselesaikanya Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini, penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada :
  1. Dra. Hj  Nunung Erni N.,M.M.Pd. selaku Kepala Sekolah
  2. Budi Priyanto selaku Store Manager Matahari Depstore Tasikmalaya
  3. Irfan Rachman Wiryadinata selaku pembimbing dari perusahaan
  4. Dra. Yanti Kadaryati selaku pembimbing dari sekolah
Selanjutnya penulis menyadari bahwa dalam pembuatan laporan ini masih banyak kekurangan dan kekeliruan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi sempurnanya Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini. Semoga laporan hasil Praktik Kerja Lapangan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Tasikmalaya, 20 Agustus 2019


Penulis




DAFTAR ISI
Halaman

HALAMAN JUDUL............................................................................................................................................ i  
IDENTITAS PENYUSUN.............................................................................................................................. ii
LEMBAR PENGESAHAN........................................................................................................................... iii  
LEMBAR PERSETUJUAN........................................................................................................................... iv
KATA PENGANTAR........................................................................................................................................ v
DAFTAR ISI.......................................................................................................................................................... vi
BAB 1 PENDAHULUAN............................................................................................................................... 1
1.1.Latar Belakang.................................................................................................................................... 1
1.2.Pengertian Praktik Kerja Lapangan (PKL)........................................................................... 1
1.3.Landasan Praktik Kerja Lapangan (PKL)............................................................................. 2
1.4.Tujuan Praktik Kerja Lapangan (PKL)................................................................................... 2
1.5.Waktu Praktik Kerja Lapangan (PKL) .................................................................................. 3
1.6.Manfaat Pembuatan Laporan....................................................................................................... 4
BAB II URAIAN UMUM............................................................................................................................... 5
2.1.Profil Matahari Departement Store Tasikmalaya............................................................... 5
2.2.Visi dan Misi........................................................................................................................................ 7
2.3.Program Matahari Departement Store..................................................................................... 8
2.4.Struktur Organisasi......................................................................................................................... 10
2.5.Tugas dan Fungsi............................................................................................................................ 11
2.6.SOP........................................................................................................................................................ 14
BAB III KEGIATAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)............................................ 16
BAB IV PENUTUP.......................................................................................................................................... 19
4.1.Kesimpulan......................................................................................................................................... 19
4.2.Saran...................................................................................................................................................... 20
LAMPIRAN.......................................................................................................................................................... 22



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      Latar Belakang Pelaksanaan PKL
Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah sesuatu yang diselenggarakan untuk memberikan  pendidikan serta menjadikan siswa/siswi lebih mandiri, yaitu pendidikan yang sudah diberikan oleh guru-gurunya di sekolah seperti materi jurusan/keahliannya masing-masing bisa langsung di praktikkan oleh siswa/siswi di tempat Praktik Kerja Lapangan. Banyak pengalaman yang kami dapatkan serta ilmu yang tidak dipelajari disekolah. Adapun tujuan utama dalam melakukan Praktik Kerja Lapangan ini yaitu agar siswa/siswi setelah lulus dari sekolah sudah lebih siap bekerja dan menjadikan sebagai pengalaman yang sekarang menjadi modal untuk bekerja setelah lulus sekolah.
Dengan  di  selenggarakan  nya  Praktik  Kerja Lapangan ini sangatlah baik dan berguna bagi  setiap  siswa/siswi  SMK  NEGERI 1 BANJAR untuk mendapatkan suatu gambaran yang nyata di dalam memasuki dunia kerja dan menerapkan pengalaman yang telah di dapatkan dari pekerjaan yang di geluti.
Dalam penyusunan judul karya tulis   ini, kami sesuaikan dengan tempat  kami  PKL yakni Matahari Departement Store Tasikmalaya yang bergerak dalam bidang ritel. Selama menjalani  Praktik  Kerja  Lapangan,  penulis di tempatkan dan ditugaskan sebagai pramuniaga di area pakaian remaja (world youth).
1.2.      Pengertian Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Praktik kerja lapangan (PKL) adalah salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan sekolah dengan program pengusaha atau instansi. Keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.
Disamping dunia usaha, praktik kerja lapangan (PKL) dapat memberikan keuntungan pada pelaksanaan itu sendiri yaitu sekolah. Karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolah bisa di dapat di dunia usaha. Sehingga dengan adanya praktik kerja lapangan (PKL) ini, dapat meningkatkan mutu dan relevensi Pendidikan Menengah Atas yang ada dan diarahkan untuk mengembangkan suatu sistem yang mantap antara dunia pendidikan dan dunia usaha.
1.3.      Landasan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
1.      Undang- undang no 20 tahun 2003, tentang sistem  pendidikan nasional.
2.      Kepmen  pendidikan  dan  kebudayaan  no  323/u/1997, tentang penyelenggaraan  prakerin  SMK.
3.      Peraturan  Pemerintah   No. 29 tahun 1990 tentang  Pendidikan Menengah.
4.      Kepmendikbud No. 080/V/1993 tentang kurikulum sekolah menengah kejuruan.
1.4.      Tujuan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Tujuan di adakan pelaksaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) antara lain :
1.      Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha,
2.      Meningkatkan daya kreasi, memperluas dan  produktifitas  terhadap   siswa   sebagai  persiapan  dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya,
3.      Meluaskan wawasan dan pandangan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana siswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL),
4.      Memberi  pengakuan  dan penghargaan terhadap pengalamaan  kerja  sebagian dari mengajar,
5.      Mempunyai  gambaran  tentang kehidupan tenaga kerja lulusan SMK bagi perusahaan,
6.      Mengembangkan kepribadian, melatih disiplin diri dalam mengerjakan suatu pekerjaan serta rapi  dalam  melaksanakan setiap pekerjaan,
7.      Memberikan kemantapan mental kepada siswa/siswi bahwa kedisiplinan tidak hanya diterapkan di dunia Industri (Luar Pendidikan) masalah kedisiplinan juga sangat di tekankan,
8.      Siswa/siswa dapat memberikan timbal balik dari ilmu yang telah diterapkan selama melaksanakan PKL untuk diterapkan dan dikembangkan disekolah sesuai dengan kondisi yang ada (Fasilitasnya).
1.5.      Waktu   Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Kami   Melaksanakan   Praktik Kerja Lapangan (PKL)  dari  Tanggal 04  Maret  sampai  23 Agustus  2019. Bertempat di Matahari Departemet Store Tasikmalaya,  Jln. Veteran  No.10, Cilembang, Kec. Cihideung , Tasikmalaya.  Telepon (0265) 335080.
Jam kerja dibagi menjadi 3 shift, yakni :
a.       Shift 1                  : Pukul 08:00 WIB s/d 16:00 WIB
b.      Shift 2                  : Pukul 12:30 WIB s/d 20:00 WIB
c.       Shift 3                  : Pukul 14:00 WIB s/d 21:30 WIB
1.6.      Manfaat Pembuatan Laporan
Melalui pembuatan laporan ini siswa/siswi diharapkan untuk :
1.      Dapat dijadikan sebagai dokumentasi penting terhadap pelaksanaan                                             PKL,
2.      Laporan ini merupakan salah satu syarat untuk mengikuti UN/UAS.
3.      Jika belum membuat laporan peserta tersebut berarti tidak bisa mengikuti UN/UAS.



BAB  II
URAIAN UMUM
2.1.      Profil Matahari Departement Store
Gambaran  Umum  Lokasi  PKL
Nama  Instansi/Perusahaan/Lembaga     : Matahari Departement Store Tasikmalaya
Alamat                                                    : Jln. Veteran  No.10, Cilembang, Kec. Cihideung , Tasikmalaya
No Telepon/Fax                                      : (0265) 335080
Letak Geografis Lokasi PKL
Peta Lokasi Prakerin : Sumber dari Google Maps
Sejarah Matahari Departement Store Tasikmalaya
Pada awalnya Matahari berdiri pada tanggal 24 Oktober 1958. saat itu Matahari masih berupa toko kecil berukuran 150 m2. waktu itu toko tersebut hanya menjual pakaian. Toko ini berdiri di kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat yang diberi nama toko Mickey Mouse.
Saat itu Bapak Hari Darmawan beserta istrinya Ana Janti bekerja keras merintis usaha mereka dibantu oleh semua keluarga dan ditambah karyawan sebanyak 10 orang.
Tahun 1972 usaha bapak Hari Darmawan makin maju sehingga memutuskan membeli toko baru yang bernama De Zone yang luasnya 6 kali lebih luas dari toko yang sebelumnya. Kemudian toko tersebut berganti nama menjadi Matahari yang diambil dari arti kata De Zone itu sendiri yang berasal dari Bahasa Belanda.
Saat itu bapak Hari Darmawan meminjam uang ke Bank untuk merenovasi toko tersebut sehingga menjadi toko fashion yang cukup lengkap. Karena usahanya yang terus berkembang bapak Hari Darmawan membagi kepercayaan kepada orang lain. Pengelolaan toko tersebut diserahkan kepada Kho Tjoeng yang diangkat sampai menjadi kepala toko pertama di Matahari.
Pada masa itu logo Matahari diciptakan atas bantuan sahabatnya dari Jepang yakni Mr. Takashi, waktu itu pula semua barang yang dijualnya merupakan produk impor sedangkan barang lokalnya hanya sedikit maka Matahari saat itu menjadi toko fashion paling komplit dan eksekutif dibandingkan dengan toko lain.
Pada tahun 1973 toko Mickey Mouse diubah menjadi toko peralatan olah raga yang diberi nama toko Athlete Foot. Pada waktu itu perkembangan toko Matahari mulai berkembang pesat dan muncul kepala toko yang baru yang dipercaya bapak Hari Darmawan perkembangan toko mulai dari Bogor, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Cirebon, Surakarta, Medan, Sidoarjo, Semarang, Kudus, Denpasar, Tasikmalaya, jumlah toko pada tahun 1995 mencapai 59 toko.
Pada tahun 1975 terjadi perubahan kebijakan bidang perdagangan yang berubah menjadi 2 target pasar yaitu target pasar menengah ke atas dan target pasar menengah ke bawah.
Untuk berdirinya toko Matahari Tasikmalaya pada awalnya berdiri pada bulan Oktober 1991 dengan luas 8000 m dari lantai 1 sampai dengan lantai 3 dan berdiri di Jln. Veteran No 10 Tasikmalaya, pada waktu itu Matahari Departement Store Tasikmalaya menjual dari pakaian sampai dengan kebutuhan sehari-hari dan diberi nama Departement Store Asoka Plaza.
Pada tanggal 21 Agustus 1995 terkena musibah kebakaran. Setelah terbakar kemudian mencoba membuka usaha kembali toko baru di kawasan Jl. H.Z Mustofa dengan nama Matahari Altamira.
Setelah berjalan sekitar 2 tahun, Matahari Altamira tersebut menerima musibah lagi dibakar oleh masa ketika kota Tasikmalaya terjadi kerusuhan pada tanggal 25 Desember 1996. Pada akhirnya membuka kembali dijalan Empang yang diberi nama Matahari Empang, yang beroperasi sambil menunggu perbaikan gedung yang ada di Jalan Veteran No. 10 Tasikmalaya selesai. Setelah selesai dibangun, kemudian pindah ke toko yang baru di Jalan Veteran No. 10 Tasikmalaya diberi nama toko Matahari Mega M pada tanggal 06 Desember 1996. Kemudian pada tahun 2000 Matahari mengalami perubahan dari Matahari Mega M menjadi Matahari Departement Store Tasikmalaya yang masih berjalan sampai sekarang.
2.2.      Visi  dan  Misi  Matahari Departement Store
§  Visi Matahari Department Store :
 “Semua orang Indonesia mampu tampil menarik dan nyaman”.

§  Misi Matahari Departement Store :
“Menyediakan berbagai kebutuhan fashion berkualitas dan terjangkau bagi para pelanggan dengan suasana yang ramah, sehingga dapat memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan”.
2.3.      Program Matahari Departement Store
1.         All for one, one for the customer
“Semua unsur yang baik menjadi satu, bekerjasama untuk melayani customer dan mencapai kepuasan customer”.
a.      Customer Experience (Pengalaman Pelanggan)
1.      Keterlibatan antara awak toko dengan customer
2.      Menampilkan visual merchandise yang atraktif
3.      Mengetahui kebutuhan customer dan memiliki pengetahuan tentang produk
4.      Kasir yang cepat dan akurat
5.      Toko harus memberikan suasana yang nyaman : semua peralatan harus berjalan dengan baik seperti AC, eskalator, dan memberikan fasilitas yang baik.
6.      Melakukan “tambah” (add on item) kepada customer
b.      Empower dan evolve (memperkuat dan berevolusi)
1.      Memahami data analisis bisnis dan sales growth
2.      Menguasai data, IT, dan bahasa inggris
3.      Coaching / mengembangkan / memotivasi tim
4.      Mengetahui kondisi pasar dan eksternal
5.      Mengetahui perubahan pasar dan ekonomi / evolusi perubahan perilaku customer
6.      80% pimpinan down to earth
7.      Keterlibatan staf (S3P) merubah cara kerja kita secara konsisten dan menggunakan sistem (planogram) waktunya merubah mind-set
8.      Kreatif dan inisiatif
c.       Operation Exelent (operasional yang terbaik)
1.   Ikuti SOP
2.   SPG atau SA merespon dengan baik, ramah, dan juga membantu customer
3.   Pastikan semua peralatan berfungsi dengan baik dan zero accident
4.   Sirkulasi yang baik untuk menciptakan pengalaman berbelanja
5.   Display visual merchandise (center point dan show window) yang disiapkan dengan baik untuk self service
6.   Fast service, kasir yang ramah dan komunikatif terhadap customer
7.   Selalu ingat slogan kita yaitu Feel Good.

2.         SMART (Speed, Measurement, Attitude, Rational, To Earth)
Matahari memiliki program yang disingkat menjadi SMART, yang merupakan kepanjangan dari Speed, Measurement, Attitude, Rational, dan To Earth. Adapun arti dari SMART adalah :
1.        Speed : bekerja dengan cepat dan tepat
Cepat namun harus tetap hati-hati untuk mencegah terjadinya kesalahan. Dalam bekerja kita perlu ketepatan dan kecepatan dalam melayani customer agar customer merasa puas berbelanja di Matahari
2.        Measurement : pola kerja yang terukur
Dalam membantu customer kita tidak perlu menghabiskan waktu berlama lama untuk mencari produk yang dibutuhkan costomer sehingga customer merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan.
3.        Attitude : sikap yang baik
Sebagai pramuniaga kita harus melayani customer dengan sikap yang baik, karena customer sangat memperhatikan sikap kita saat melayaninya.
4.        Rational : pola kerja yang rasionnal
Mengerti apa yang dibutukan customer
5.        To Earth : bekerja di area 80%, di back office 20%
Kita sepenuhnya mementingkan posisi bekerja di area untuk melayani customer, dan di back office kita hanya mementingkan sedikit untuk mengetahui perkembangan di toko kita.
2.4.      Struktur  Organisasi Matahari Departement Store Tasikmalaya
1.      Store Manager                             : Budi Priyanto
2.      Ast. Store Manager                      : Ecin Kuracin
3.      Supervisor HRS                           : Asep Sarip Hidayat
4.      Supervisor Kassa                          : Eli Rustiati
5.      Supervisor VM                             : Pepep Kurnia
6.      Supervisor Area
a.       World Youth                         : Irfan Rachman Wiryadinata
b.      World Mens                          : Felisha Gita Lasa
c.       World Ladies                                    : Rachman Efendi
d.      World Children                     : Dadan R.K
e.       World Shoes & Bags                        : Pepep Kurnia
f.       World Home & Toys            : Pepep Kurnia
7.      Coordinator
a.       Coordinator Youth               : Yana Cahyana
b.      Coordinator Mens                 : Jaka Wardaya
c.       Coordinator Shoes                : Anap
d.      Coordinator Children            : Jaka Wardaya
e.       Kassa                                     : Sunita
8.      EDP                                             : Kiki
9.      ADM                                            : Siti Aminah
10.  Ekspedisi                                      : Haerul P
Ai Suwarni
11.  VM Artist                                                : Sansan
Iim Tasliman
12.  Teknisi                                          : Ujang Solihat
Deni Dinaris
13.  Kasir
14.  SA/SPG/SPB/BA

2.5.      Tugas dan fungsi
a.       Store Manager
1)   Penanggung jawab Matahari Department Store tertinggi.
2)   Bertanggung jawab terhadap pengawas dan pengadilan seluruh bagian di Matahari Department Store.
3)   Menyusun dan menetapkan kerja serta anggaran rencana perusahaan sesuai kebutuhan.
4)   Mengkoordinasi semua kegiatan perusahaan.
b.      Ast Store Manager
1)   Sebagai penanggung jawab tertinggi dibawah store manager.
2)   Membantu Store Manager dalam melaksanakan tugasnya.
3)   Membantu menyusun dan menetapkan rencana kerja serta anggaran perusahaan sesuai dengan kebutuhan.
4)   Bersama dengan supervisor menyusun strategi penjualan dan store promotion.
c.       Supervisor
1)   Bertanggung jawab terhadap operasional counter area masing-masing.
2)   Mengkoordinir, memimpin counter area, mencakup SDM, sales, angka kehilangan dan lain-lain.
3)   Mengkoordinir pelaksanaan kerja para karyawan.
4)   Mengontrol keadaan counter.
5)   Menangani masalah barang yang cacat dan rusak.
6)   Memberikan motivasi kerja pada karyawan.
7)   Memeriksa absensi.
8)   Mengatur operasional kasir (cash register).
9)   Merealisasi barang yang diretur atau dikembalikan.
10)                        Bertanggung jawab atas promosi yang sedang berlangsung di Matahari Department Store.
d.      Coordinator
1)   Mengkoordinir pelaksanaan kerja para karyawan.
2)   Menyampaikan dan menyelesaikan complain customer.
3)   Mengontrol keadaan counter
4)   Menangani masalah barang yang cacat dan rusak
5)   Memberikan motivasi kerja pada karyawan.
6)   Memeriksa absensi
7)   Membantu tugas supervisor
e.       EDP
Menarik penjualan yang ada pada masing-masing kassa untuk dimasukan dalam inventaris toko.
f.       Kasir
Menerima pembayaran atau transaksi dari pelanggan yang berbelanja.
g.      Ekspedisi
Menerima barang dan mengecek barang yang datang untuk dicatat sesuai value dan Qty yang ada pada faktur surat yang diterima sebagai pembukuan.
h.      VM (Visual Merchandising)
Membuat suasana toko lebih menarik yang sesuai dengan tema acara yang berlangsung.
i.        Administrasi
1)        Membantu permasalahan karyawan
2)        Mengumpulkan bukti-bukti pembukuan
3)        Menyimpan semua dokumen dan bukti akuntansi
4)        Menerima surat lamaran
5)        Membagikan gaji SPG
j.        Teknisi
Mengecek seluruh fasilitas yang berhubungan dengan listrik, AC, Eskalator, serta fasilitas komputer.
k.      Pramuniaga
1)   Membantu koordinator dan supervisor dalam mengelola merchandise / barang dagangan di counter (area penjualan).
2)   Membentuk kepercayaan pelanggan terhadap performance perusahaan (toko) dan kualitas barang yang dijual.
3)   Menebak kebutuhan pelanggan dan membantu memilihkan barang yang sesuai dengan apa yg di inginkan customer.
4)   Menjawab pertanyaan pelanggan dan melayani complain dari customer dengan baik.
5)   Menginformasikan kualitas barang sampai dengan cara perawatannya kepada customer.
6)   Melaksanakan standar layanan pramuniaga dengan baik.
2.6.      Standard Operating Procedure (SOP) Matahari Departement Store
a.       SOP Masuk Area
1)   Grooming sesuai standar
2)   Pakaian rapih dan bersih
3)   Tidak bau badan
4)   Rambut klimis
5)   Tidak bau mulut
6)   Tidak membawa barang pribadi ke area
b.      SOP Sebelum Buka Toko
1)   Bersih-bersih dan rapih-rapih counter
2)   Cek pajangan
3)   Memasang POP promo yang akan berlangsung
4)   Mengikuti meeting umum / meeting counter
c.       SOP Buka Toko
1)   Buka toko pukul 09:30 WIB
2)   15 Menit sebelum buka toko seluruh karyawan berada di depan mainroad
3)   do’a pembukaan toko dipimpin MOD
4)   greeter penyambutan customer di pintu utama (maks. 6 orang)
5)   saat lagu buka toko diputar tidak boleh melakukan aktivitas apapun
d.      SOP Tutup Toko
1)   Tutup toko pukul 21:30 WIB
2)   15 menit sebelum tutup toko diputar lagu peringatan tutup toko
3)   10 menit sebelum tutup toko diumumkan bahwa toko akan ditutup
4)   Seluruh karyawan berkumpul di mainroad
5)   Doa penutup dipimpin MOD
6)   Pergi meninggalkan area dengan tertib





BAB  III
KEGIATAN  PRAKTIK KERJA LAPANGAN
A.      Waktu   Pelaksanaan
Kami   Melaksanakan   PKL  Dari  Tanggal 04  Maret sampai 23 Agustus 2019. Bertempat di Matahari Departement Store Tasikmalaya,  Jl. Veteran No.10, Cilembang, Kec.Cihideung, Tasikmalaya.  Telepon (0265) 335080.
Jam kerja diibagi menjadi 3 shift, yakni :
a.       Shift 1                       : Pukul 08:00 WIB s/d 16:00 WIB
b.      Shift 2                       : Pukul 12:30 WIB s/d 20:00 WIB
c.       Shift 3                       : Pukul 14:00 WIB s/d 21:30 WIB
B.       Deskripsi  Kegiatan
a.       Kegiatan pramuniaga sebelum buka toko :
1)   Membersihkan area penjualan
2)   Merapihkan, menyusun, dan memajang barang
3)   Memeriksa kebersihan fixture dan area penjualan lainnya
4)   Memeriksa kelengkapan label harga
5)   Memeriksa persediaan barang / stok barang
6)   Memperhatikan pengumuman dan acara promosi
7)   Mengikuti meeting atau pengarahan
8)   Mengenakan semua perlengkapan kerja

b.      Kegiatan pramuniaga operasional toko
1)   Menyambut pelanggan dengan senyuman dan sapaan yang ramah
2)   Menjaga dan merapihkan barang yang di jual
3)   Mengisi kembali barang yang telah di jual
4)   Mengambil alih tugas teman yang sedang cuti / off / sakit
5)   Mengucapkan terima kasih kepada pelanggan
6)   Menjaga keamanan barang yang di jual
7)   Menjaga kebersihan area penjualan
c.       Kegiatan pramuniaga menjelang tutup toko
1)   Mengucapkan sapaan selamat malam dan terima kasih, silahkan datang kembali kepada pelanggan.
2)   Memastikan area penjualan tetap bersih
3)   Memastikan area penjualan aman dari bahaya kebakaran
4)   Mengikuti pengarahan dari atasan

Deskripsi Kegiatan selama PKL dapat dijelaskan di bawah ini :
1)        Melayani customer
2)        Mendisplay barang
3)        Merapikan dan menyusun barang di counter
4)        Membersihkan area
5)        Memeriksa kelengkapan label harga
6)        Memeriksa persediaan barang
7)        Memasang alat sensor mati
8)   Menyortir barang aging
9)   Membereskan barang di gudang
10)    Mengecek dan mendata barang di ekspedisi
11)    Memasang POP
12)    Mensteamer pakaian yang akan dipajang
13)    Mengikuti meeting umum
14)    Mengikuti pengajian rutin hari jum`at
15)    Mengikuti kegiatan sabtu ceria
16)    Mengikuti acara live music

C.      Kesan dan Kendala Pelaksanaan PKL
1.      Kesan
Kegiatan dan bimbingan yang diterapkan di Matahari Departement Store Tasikmalaya,  merupakan suatu kelebihan yang membuat kami  merasa bangga. Inilah pengalaman yang sangat berharga dalam proses pengembangan kemampuan diri yang akan membantu dikemudian hari. Kami juga merasakan adanya kekeluargaan yang tinggi sesama lapisan warga Matahari Departement Store Tasikmalaya. Banyak pelajaran yang kami dapat disini, hard skill dan soft skill kami benar-benar dilatih disini. Program Keahlian yang kami pilih sangat sesuai dengan program kerja yang ada di instansi ini sehingga pelajaran yang diberikan di sekolah dapat kami  terapkan di instansi tempat pelaksanaan Prakerin.
2.      Kendala
Tidak adanya pergantian tempat pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan,   sehingga pengetahuan yang didapat kurang menyeluruh.



BAB IV
PENUTUP

            Sebagai bagian akhir dari Laporan Praktik Kerja Lapangan ini, kami berharap semoga laporan ini ada manfaatnya khususnya bagi peserta Praktik Kerja Lapangan dan dunia pendidikan pada umumnya.
Kami merasa banyak kekurangan dalam penyusunan laporan ini, oleh karena itu koreksi dan tanggapan yang sifatnya konstruktif sangat kami harapkan dari pada pembaca laporan ini sehingga kami dapat memperbaiki di masa yang akan datang.
Kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini, kami menghaturkan penghargaan dan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya dan mudah-mudahan Alloh SWT memberikan imbalan yang berlipat ganda Amin.

4.1.  Kesimpulan
Setelah  penulis  melaksanakan  PKL  yang  bertempat  di  Matahari Departement Store Tasikmalaya  maka  kami  selaku  pembuat  laporan  mendapatkan  kesimpulan,  sebagai  berikut:
a.       Kegiatan  Praktek  Kerja  Lapangan  (PKL)  ini  di  laksanakan  sebagai  pengembangan sarana  belajar  siswa  di  Dunia  Usaha/Dunia  Industri.
b.      Program  Praktek  Kerja  Lapangan  (PKL)  yang  sudah  menjadi  program  di  sekolah kejuruan,  sangat  besar  artinya  bagi  siswa  untuk  memperkenalkan  dan  mempraktikan kerja  secara  langsung  di  lapangan.
c.       Dengan  di  adakan  nya  kegiatan  Praktek  Kerja  Lapangan  (PKL)  ini,  maka  dapat memberikan  pelatihan   kepada  siswa  agar  mampu  menyesuaikan  diri  di  dunia  kerja, serta  membuka  wawasan  dan  mendorong  kreatifitas  siswa  untuk  berinovasi  di  Dunia Usaha/Dunia  Industri.
d.      Disamping  itu,  siswa  juga  dapat  merasakan  bagaimana  arti  kerja  keras,  disiplin, tanggung  jawab,  saling  menghargai,  dan  hidup  dalam  kemandirian.
e.    Dengan  mengikuti  kegiatan  Praktek  Kerja  Lapangan  (PKL)  siswa  telah  mendapatkan gambaran  bagaimana  Dunia  Kerja  yang  sesungguhnya  dan  siap  untuk  menghadapi Dunia  Kerja  karena  telah  mendapatkan  pengalaman  dari  kegiatan  ini.
4.2.     Saran-Saran
a.       Saran  untuk Sekolah
1)        Pihak  sekolah   tetap   menjaga  tali  silaturahmi  dengan  pihak  tempat  Praktek  Kerja Lapangan  (PKL)  agar  dapat  mempererat  hubungan  persaudaraan  di  antara keduanya.
2)        Penyaluran   program  Praktek  Kerja  Lapangan  (PKL)  harus  sesuai  dengan Program  keahlian  yang  dimiliki  siswa  Prakerin.
3)        Para  pembimbing  Praktek  Kerja  Lapangan  (PKL)  lebih  berperan  aktif  dalam komunikasi  dan  berkoordinasi  dengan  pihak  perusahaan  dengan  menjalin  hubungan  yang  baik  serta  aktif  dalam  mendampingi  siswa  PKL.
b.      Saran  untuk  Matahari Departement Store Tasikmalaya
1)      Meningkatkan  sosialisasi  atau  kerjasama  antara  pimpinan,  pegawai,  dan siswa-siswi prakerin serta kepada customer, sehingga mampu memberikan  pelayanan  yang  baik.
2)      Mengadakan  acara-acara  diluar  hari  kerja  yang  membangkitkan  semangat dalam  bekerja  yang  mendorong  kemajuan  perusahaan  agar  lebih  maju  dan berkualitas.
3)      Dan  mengadakan  evaluasi  dalam  setiap  kekurangan  pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan  (PKL) agar pelaksanaan PKL di  tahun  yang  akan datang  bisa  lebih  optimal  dan  efektif.






LAMPIRAN
DOKUMENTASI PKL DI MATAHARI DEPSTORE TASIKMALAYA
1.        Mendisplay barang
Gambar 1.1

 
Gambar 1.2
2.        Melayani Customer
Gambar 1.3

Gambar 1.4

Gambar 1.5
3.        Memasang POP
Gambar 1.6
4.        Mengecek dan mendata barang di ekspedisi
Gambar 1.7
Gambar 1.8
Gambar 1.9
5.        Mendisplay produk di torso
Gambar 1.10
6.        Memasang alat sensor matic
Gambar 1.11
Merapikan pajangan menggunakan streamer
Gambar 1.12
7.        Melayani customer di pintu utama
Gambar 1.13
8.        Menata produk di bazar spesial hari kemerdekaan
Gambar 1.14

9.        Memasang label harga
Gambar 1.15
Gambar 1.16
10.    Mengikuti pengajian rutin hari jum’at
Gambar 1.17
11.    Mengikuti kegiatan sabtu ceria
Gambar 1.18
12.    Mengikuti meeting umum setiap hari kamis
Gambar 1.19
13.    Mengikuti kegiatan outbound yang diadakan oleh Matahari depstore
Gambar 1.20
14.    Mengikuti acara halal bihalal
Gambar 1.21
Gambar 1.22
15.    Lay Out Matahari Departement Store Tasikmalaya
Gambar 1.23
16.    Struktur Organisasi Matahari Departement Store Tasikmalaya

Gambar 1.24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar