Selasa, 21 Juli 2020

Contoh Soal beserta Jawabannya Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis

Contoh Soal beserta Jawabannya
MAPEL KOMUNIKASI BISNIS

1.       Televisi merupakan salah satu alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini berbentuk ….

a.       Audio

b.      Visual

c.       Audio visual

d.      Cetak

e.      Tertulis

2.       Tahap terakhir dalam proses komunikasi adalah ….

a.       Penerima memberi tanggapan dan umpan balik

b.      Pengirim menafsirkan pesan

c.       Pengirim mengubah ide menjadi pesan

d.      Pengirim menyampaikan pesan

e.      Pengirim mengubah ide menjadi pesan

3.       Merupakan hambatan atau noise dalam proses komunikasi adalah ….

a.       Isi pesan sangat jelas dan dapat diterima dengan baik oleh audiens

b.      Kualitas suara atau sound system sangat baik

c.       Komunikator menyampaikan informasi dengan jelas

d.      Ruangan yang luas dengan penerangan yang kurang

e.      Ada hubungan emosional yang baik antara komunikator dan komunikan

4.       Memberikan pengarahan dan instruksi kepada bawahan merupakan bentuk komunikasi ….

a.       Vertikal

b.      Horizontal

c.       Diagonal

d.      Ke atas

e.      Ke bawah

5.       Sebagai salam pembuka (greeting) dalam komunikasi menggunakan bahasa Inggris adalah ….

a.      Good morning ladies and gentlemen…

b.      I’d like to introduce myself…

c.       The purpose of my presentation is …

d.      First, we going to …

e.      In conclusion ….

6.       Thank you very much for your attention ….

Merupakan kalimat yang digunakan dalam presentasi pada bagian ….

a.      Greeting

b.      Introducing

c.       State the topic

d.      Present the material content

e.       Closing

7.       Berikut yang bukan langkah-langkah negosiasi dalam bahasa Inggris adalah ….

a.      Preraration

b.      Getting started and outlining hegotiated objectives

c.       Present the material content

d.      Clarification

e.       Closing

8.       Through this letter, let us introduce our company to you. Our company name ….

Penggalan kalimat di atas merupakan bagian dari surat ….

a.       Perkenalan

b.      Permintaan penawaran

c.       Penawaran

d.      Permintaan

e.      Pesanan

9.       Penyampaian informasi mengenai kegiatan bisnis (pengembangan produk, perluasan pasar, pengajuan usul proyek baru, dan lain-lain) oleh pembicara kepada audiens dalam suatu forum bisnis disebut ….

a.       Proposal

b.      Proposal bisnis

c.       Presentasi

d.      Presentasi bisnis

e.      Penawaran

10.   Berikut bukan tujuan pokok dari presentasi bisnis ….

a.       Menginformasikan pesan-pesan bisnis kepada audiens

b.      Menghibur audiens

c.       Menyentuh emosi audiens

d.      Memotivasi audiens untuk bertindak

e.      Menghipnotis audiens

11.   Sebelum melakukan presentasi bisnis, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh seorang presenter. Hal paling utama yang harus dipersiapkan adalah ….

a.       Penguasaan terhadap topik atau materi yang akan dipresentasikan

b.      Penguasaan berbagai alat bantu presentasi

c.       Menganalisis audiens

d.      Menganalisis lingkungan atau lokasi

e.      Pakaian yang sesuai dengan topic presentasi

12.   Alat bantu presentasi bisnis yang saat ini paling efektif untuk digunakan adalah  ….

a.       Whiteboard dan boardmarker

b.      Blackboard dan kapur tulis

c.       Flipchart dan panaboard

d.      Slide dan proyektor LCD

e.      OHP dan transparasi

13.   Pertanyaan berikut dapat digunakan oleh seorang presenter untuk menganalisis presentasi bisnis yang akan dilakukan. Pertanyaan yang kurang tepat adalah ….

a.       Dari mana anggaran untuk presentasi diperoleh?

b.      Apa yang diinginkan oleh audiens?

c.       Mengapa presenter perlu melakukan presentasi?

d.      Kapan presentasi akan dilakukan?

e.      Di mana tempat pelaksanaan presentasi?

14.   Kemampuan suatu produk dalam menjalankan fungsinya, yang merupakan gabungan dari daya tahan, keandalan, ketepatan, kemudahan pemeliharaan, dan atribut-atribut disebut ….

a.       Kuantitas produk

b.      Kualitas produk

c.       Daya tahan produk 

d.      Keandalan produk

e.      Kehebatan produk

15.   Salahsatu dimensi kualitas produk adalah reliability yang merupakan ….

a.       Kesesuaian produk dengan fungsi utama produk

b.      Ciri khas produk yang membedakan dari produk lainnya

c.       Tingkat ketahanan produk atau berapa lama produk dapat digunakan

d.      Kepercayaan pelanggan terhadap produk karena mempunyai tingkat kerusakan yang rendah

e.      Sejauh mana karakteristik produk memenuhi standar yang telah ditetapkan sebelumnya

16.   Apabila ada seorang pelanggan melakukan komplain dengan sikap tidak ramah, tindakan paling tepat yang harus kita lakukan adalah ….

a.       Menjelaskan bahwa perusahaan sudah menjual produk sesuai dengan standar

b.      Meminta maaf dan menyelesaikan permasalahan dengan bijak

c.       Membujuk pelanggan untuk membeli produk lain sebagai pengganti

d.      Mengembalikan pembayaran dari pelanggan

e.      Menyerahkan urusan tersebut kepada atasan

17.   1)  bersedia melayani pelanggan

2)   mempunyai kepercayaan diri sangat tinggi

3)   sopan dan ramah

4)   mempunyai jiwa kompetitif

5)   berpenampilan menarik

Sikap yang harus dimiliki dalam menghadapi pelanggan ditunjukkan oleh nomor ….

a.       1, 2, dan 3

b.      1, 3, dan 4

c.       1, 3, dan 5

d.      2, 3, dan 4

e.      2, 3, dan 5

18.   Perhatikan pernyataan berikut !

1)      Konsumen membeli produk berdasarkan mutu

2)      Konsumen gemar dengan barang bermerek karena menganggap merek tersebut mempunyai kualitas tinggi

3)      Memproduksi barang bermutu tidak selalu memerlukan biaya produksi yang tinggi daripada produk yang bermutu rendah

4)      Produk yang mempunyai kualitas bagus akan berharga tinggi

5)      Perusahaan yang memproduksi barang tidak berkualitas akan mendapat banyak complain dari konsumen

Merupakan alasan perusahaan memproduksi produk yang berkualitas adalah ….

a.       1, 2, dan 3

b.      2, 3, dan 4

c.       3, 4, dan 5

d.      4, 5, dan 1

e.      5, 1, dan 3

19.   Suatu pertemuan tatap muaka antara dua orang atau dua kelompok orang untuk melakukan tawar-menawar dan perjanjian yang berkesinambungan disebut ….

a.       Presentasi

b.      Promosi

c.       Negosiasi

d.      Rapat

e.      Diskusi

20.   Strategi negosiasi win-win solution merupakan strategi dimana ….

a.       Kedua belah pihak merasa menang dan diuntungkan

b.      Salah satu pihak memperoleh kemenangan mutlak atas pihakl ainnya

c.       Kedua belah pihak tidak memenangkan negosiasi

d.      Tidak ada pihak yang menang maupun kalah

e.      Tidak terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak

21.   Bukan merupakan syarat dari negosiasi yang baik adalah ….

a.       Berpenampilan menarik

b.      Memiliki keunggulan dan daya saing

c.       Memiliki keyakinan diri yang kuat

d.      Memiliki kreatifitas yang fleksibel

e.      Memiliki bentuk badan yang proporsional

22.   Strategi negosiasi dimana sasarannya adalah untuk mengalahkan lawan dan siap bertarung demi memperoleh kemenangan adalah ….

a.       Strategi kooperatif

b.      Strategi kompetitif

c.       Strategi analisis

d.      Strategi alternatif

e.      Strategi kreatif

23.   1 )   tujuannya menjadi pemenang

2)    tidak memperhatikan sudut pandang lawan

3)    menyerang secara terang-terangan

Pernyataan di atas merupakan ciri-ciri dari perilaku negosiasi ….

a.       Aktif

b.      Pasif

c.       Agresif

d.      Asertif

e.      Manipulatif

24.   Pelanggan merupakan asset terbesar bagi perusahaan, karena tanpa pelanggan perusahaan tidak akan pernah ada. Hal yang dapat  membuat pelanggan memilih untuk berpindah ke perusahaan lain adalah ….

a.       Melayani pelanggan dengan sepenuh hati

b.      Memberikan bonus tahunan kepada pelanggan

c.       Mempermudah pelanggan dalam proses pembelian

d.      Mengabaikan komplain dan keluhan dari pelanggan

e.      Mengutamakan kepentingan pelanggan di atas segalanya

25.   Untuk membangun hubungan dengan pelanggan, perusahan perlu mempunyai manajemen hubungan pelanggan. Alasan paling tepat mengapa hal itu diperlukan adalah ….

a.       Dapat mengatur segala aspek yang berhubungan dengan pelanggan

b.      Merupakan cara mendekatkan perusahaan dengan pelanggan

c.       Merupakan fasilitator perusahaan dengan pelanggan

d.      Merupakan cara untuk memperoleh banyak pelanggan

e.      Menghemat biaya untuk mencari pelanggan baru

26.   Berikut merupakan karakteristik yang dimiliki oleh seorang pelanggan ….

a.       Mengetahui perusahaan secara mendetail dan melakukan pembelian secara teratur

b.      Mengetahui perusahaan secara mendetail dan merekomendasikan kepada orang lain

c.       Melakukan pembelian secara teratur danmenyukai semua produk perusahaan

d.      Melakukan pembelian secara teratur dan merekomendasikan kepada orang lain

e.      Menyukai semua produk perusahaan dan merekomendasikan kepada orang lain

27.   Cara yang sebaiknya tidak ditempuh perusahaan untuk mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan adalah ….

a.       Memberikan perhatian sebelum dan sesudah pelanggan melakukan pembelian

b.      Mencatat semua pelanggan yang pernah membeli produk perusahaan

c.       Menawarkan program diskon dan bonus kepada pelanggan

d.      Menciptakan hubungan yang saling menguntungkan

e.      Membiarkan pelanggan menentukan pilihan terhadap perusahaan lain

28.   Surat niaga dapat membantu perusahaan apabila perusahaan tidak mempunyai cukup waktu untuk bertemu langsung dengan pelanggan, sesuai dengan fungsinya sebagai ….

a.       Bukti jika terjadi perjanjian

b.      Menjadi alat pengingat yang dapat diarsipkan

c.       Wakil perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan

d.      Panduan untuk menjalankan tugas

e.      Alat untuk melakukan promosi

29.   Yang membedakan bentuk surat resmi Indonesia Lama dan Indonesia Baru adalah ….

a.       Letak penulisan alamat yang dituju

b.      Penulisan tanggal

c.       Adanya jarak lima ketuk dari garis tepi

d.      Letak salam pembuka dan penutup

e.      Penanda tangan surat

30.   Bentuk surat yang penulisannya semua rata kiri adalah ….

a.      Block style

b.      Full block style

c.       Semi block style

d.      Hanging paragraph style

e.       Semi paragraph style

31.   Surat yang dikirimkan oleh calon pembeli kepada penjual dengan maksud meminta informasi mengenai harga dan persyaratan jual-beli barang disebut ….

a.       Surat perkenalan

b.      Surat permintaan

c.       Surat penawaran

d.      Surat permintaan penawaran

e.      Surat komplain

32.   1)   nama perusahaan

2)   alamat tujuan

3)   alamat perusahaan

4)   nomor telepon perusahaan

5)   nomor surat

Keterangan yang termuat dalam kepala surat atau kop surat ditunjukkan oleh nomor  ….

a.       1, 2, dan 3

b.      1, 3, dan 4

c.       1, 4, dan 5

d.      1, 3, dan 5

e.      1, 2, dan 5

33.   Membicarakan suatu masalah dalam organisasi, ada pimpinan, peserta berpartisipasi aktif, dan pembicaraan bersifat terbuka, merupakan ciri dari ….

a.       Presentasi

b.      Negosiasi

c.       Diskusi

d.      Rapat

e.      Pidato

34.   Rapat yang dilaksanakan dengan suatu perencanaan terlebih dahulu sesuai dengan aturan yang berlaku merupakan jenis rapat ….

a.       Resmi

b.      Tidak resmi

c.       Terbuka

d.      Tertutup

e.      Luar biasa

35.   Apabila perusahaan akan mengadakan rapat dengan jumlah peserta yang banyak, pengaturan tempat duduk  yang tepat adalah menggunakan gaya ….

a.       Workshop

b.      Diskusi

c.       Huruf U

d.      Konferensi

e.      Klasikal

36.   Bukan merupakan tujuan dari wawancara kerja adalah ….

a.       Mengetahui kepribadian pelamar

b.      Mencari informasi yang relevan untuk persyaratan jabatan

c.       Mencari informasi tambahan untuk jabatan di perusahaan

d.      Mengidentifikasi pelamar yang layak

e.      Mengetahui keadaan keuangan pelamar

37.   Wawancara yang dilakukan oleh beberapa pewaw[Adelia Sy1] ancara dengan cara bergiliran disebut wawancara ….

a.       Tunggal

b.      Ganda

c.       Kelompok

d.      Berangkai

e.      Panel

38.   Tidak termasuk data yang harus dicantumkan dalam curriculum vitae adalah ….

a.       Identitas pribadi

b.      Riwayat pendidikan

c.       Alasan ingin bekerja

d.      Pengalaman kerja

e.      Keahlian yang dikuasai

39.   Hal yang harus dihindari pada saat melakukan wawancara kerja adalah ….

a.       Bersikap ramah dan sopan

b.      Terlihat antusias menjawab pertanyaan

c.       Berpakaian yang bagus dan rapi

d.      Menjawab dengan cepat dan terburu-buru

e.      Menghormati pewawancara

40.   Wawancara yang dilakukan untuk mengetahui pengalaman kerja dan kualifikasi pelamar adalah ….

a.       Wawancara pendahuluan

b.      Wawancara seleksi

c.       Wawancara kepribadian

d.      Wawancara evaluasi

e.      Wawancara pengalaman kerja

 

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar