Selasa, 21 Juli 2020

Contoh Soal Beserta Jawabannya Mata Pelajaran Bisnis Ritel

PENGELOLAAN BISNIS RITEL

BAB 5, 10 KELAS XI

BAB 2, 6, 7, 8 KELAS XII

 

PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING BENAR !

1.       Membeli barang dan jasa untuk digunakan sendiri, misalnya membeli pakaian, makanan dan sebagainya disebut….

a.       Konsumen individu

b.      Pelanggan (customer)

c.       Pembeli pesimis

d.      Pembeli apatis

e.      Pembeli impulsif

2.       Mereka ini biasanya orang punya banyak masalah pribadi sehingga tidak tertarik dengan penawaran, disebut…..

a.       Pembeli pesimis

b.      Pembeli apatis

c.       Pembeli impusif

d.      Pelanggan

e.      konsumen

3.       Suatu konsumsi dapat dikatakan rasional jika memperhatikan hal-hal berikut ini, kecuali…..

a.       Barang tersebut dapat memberikan kegunaan optimal bagi konsumen

b.      Barang tersebut benar-benar diperlukan konsumen

c.       Harga sesuai dengan kemampuan konsumen

d.      Mutu barang terjamin

e.      Harga murah

4.       Suatu perilaku dalam mengkonsumsi dapat dikatakan tidak rasional jika konsumen tersebut membeli barang tanpa dipikirkan kegunaanya terlebih dahulu, contohnya yaitu…….

a.       Barang tersebut dapat memberikan kegunaan optimal bagi konsumen

b.      Barang tersebut benar-benar diperlukan konsumen

c.       Harga sesuai dengan kemampuan konsumen

d.      Mutu barang terjamin

e.      Prestise atau gengsi

5.       Empat factor tersebut, perilaku konsumen juga dapat dipengaruhi dari stimuli pemasaran berupa bauran pemasaran yang meliputi….

a.       Produk, harga, promosi dan saluran distribusi

b.      Merk, kualitas, harga, saluran distribusi

c.       Harga promosi, bauran pemasaran

d.      Produk, harga, merk

e.      Saluran distribusi, iklan

6.       Teori ini beranggapan bahwa setiap konsumen akan berusaha memperoleh kepuasan maksimal disebut……..

a.       Teori yang menekankan perilaku pembelian

b.      Customer buying behavior

c.       Teori ekonomi mikro

d.      Teori psikologis

e.      Teori antropologis

7.       Teori ini juga menekankan perilaku pembelian dari suatu kelompok masyarakat yang ruang lingkupnya sangat luas, seperti kebudayaan, kelas-kelas social dan sebagainya, disebut…….

a.       Teori yang menekankan perilaku pembelian

b.      Customer buying behavior

c.       Teori ekonomi mikro

d.      Teori psikologis

e.      Teori antropologis

8.       Tipe pembeli ini sangat detail dan penuh pertimbangan serta cenderung agak cerewet, disebut…..

a.       Konsumen individu

b.      Pelanggan (customer)

c.       Pembeli pesimis

d.      Pembeli analitis

e.      Pembeli impulsif

9.       Pembeli yang mengetahui dengan jelas apa yang ia inginkan, fitur dan manfaat yang ia cari serta sejumlah uang yang bersedia ia keluarkan untuk membeli, disebut…….

a.       Pembeli aktualisasi diri

b.      Pelanggan (customer)

c.       Pembeli pesimis

d.      Pembeli analitis

e.      Pembeli impulsif

10.   Pilihan pembelian seseorang dipengaruhi pula oleh empat factor psikologis utama, yaitu………

a.       Motivasi, persepsi, pengetahuan  serta keyakinan dan sikap

b.      Gaya hidup, serta kepribadian dan kondisi ekonomi

c.       Usia pembeli dan tahap siklus hidup pembeli

d.      Keperibadian dan konsep diri pembeli

e.      Status social dari konsumen

11.   Perilaku seorang konsumen dipengaruhi oleh factor-faktor social seperti…….

a.       Motivasi, persepsi, pengetahuan  serta keyakinan dan sikap

b.      Gaya hidup, serta kepribadian dan kondisi ekonomi

c.       Usia pembeli dan tahap siklus hidup pembeli

d.      Peran dan status social dari konsumen

e.      Status social dari konsumen

12.   Individu yang mempunyai inisiatif pembelian barang tertentu disebut…..

a.       Initiator

b.      Influencer

c.       Decider

d.      User

e.      Buyer

13.   Perilaku pembelian berdasarkan pilihan konsumen, berdasarkan tempat atau dimana konsumen akan melaksanakan pembalian produk, disebut…..

a.       Budget allocation (pengalokasian budget)

b.      Product purchase or not (membeli produk atau tidak)

c.       Store patronage (pemilihan tempat untuk mendapatkan produk)

d.      Brand and styke decision (keputusan atas merk dan gaya)

e.      Consumer behavior is dynamic

14.   Pilihan konsumen untuk memutuskan secara terperinci mengenai produk apa yang sebenarnya ingin dibeli, disebut…..

a.       Budget allocation (pengalokasian budget)

b.      Product purchase or not (membeli produk atau tidak)

c.       Store patronage (pemilihan tempat untuk mendapatkan produk)

d.      Brand and styke decision (keputusan atas merk dan gaya)

e.      Consumer behavior is dynamic

15.   Usaha yang direncanakan secara terus menerus dengan sengaja,guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya, adalah pengertian dari...

A.      Advertising

B.      Direct marketing

C.      Personal selling

D.      Sales promotions

E.       Public relation

16.   Menumbuhkembangkan citra perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau masyarakat atau konsumen adalah...

A.      Tujuan public relation

B.      Fungsi public relation

C.      Manfaat public relation

D.      Peranan public relation

E.       Pengertian public relation

17.   Menciptakan komunikasi dua arah timbal balik, dan mengatur arus informasi publikasi serta pesan dari badan atau organisasi demi tercapainya citra positif bagi kedua belah pihak disebut...

A.      Tujuan public relation

B.      Fungsi public relation

C.      Manfaat public relation

D.      Peranan public relation

E.       Pengertian public relation

18.   Upaya untuk menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyarakat disebut...

A.      Tujuan public relation

B.      Fungsi public relation

C.      Manfaat public relation

D.      Peranan public relation

E.       Pengertian public relation

19.   Fungsi public relations untuk memadukan aktivitas pemasaran dengan mengadakan kegiatan khusus sekaligus membangun citra public disebut,.....

A.      Employee/member relations

B.      Marketing communication

C.      Development/fund rising

D.      Industrial relations

E.       Public affairs

20.   Mendorong pembeli agar mau kembali membeli suatu merek.adalah.....

A.      Tujuan promosi

B.      Fungsi public relations

C.      Manfaat public relations

D.      Peranan public relations

E.       Pengertian public relations

21.   Tugas pokok dari public relations adalah sebagai berikut,kecuali.....

A.      Mempersiapkan,wawancara pers dan publikai lain

B.      Memberikan brosur,poster,dan majalah intern

C.      Menyusun rancangan naskah pidato

D.      Mempersiapkan presentasi pimpinan

E.       Memberikan katalog,undangan

22.   Membangun hubungan antara pimpinan dengan bentuk kerjasama dan komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan.disebut....

A.      Employee/member relations

B.      Marketing communication

C.      Development/fund rising

D.      Industrial relations

E.       Public affairs

23.   Cara mempublikasikan diri kepada publik melalui aktivitas kemanusiaan sebagai wujud dari interaksi sosial dan kultural secara murni disebut....

A.      Free publicity

B.      Tie-in-publicity

C.      Free publicity

D.      Pure publicity

E.       Paid publicity

24.   Publisitas yang dihasilkan dari kerjasama yang saling menguntungkan antara beberapa pihak berdasarkan prinsip take and give untuk menyelenggarakan publisitas bersama sama disebut....

A.      High cost publicity (publisitas biaya tinggi)

B.      Free publicity(publisitas bebas biaya)

C.      Low cost publicity(hemat biaya)

D.      Tie-in-publicity

E.       Paid publicity

25.   Publisitas yang sederhana umumnya dibuat dengan kertas seperti brosur, poster, tiket, dan dikeluarkan satu minggu sebelum acara disebut...

A.      High cost publicity (publisitas biaya tinggi)

B.      Free publicity (publisitas bebas biaya)

C.      Low cost publicity (hemat biaya)

D.      Tie-in-publicity

E.       Paid publicity

26.   Pihak penyelenggara mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk membayar media, contoh : billboard, iklan gambar disurat kabar, iklan radio, iklan di TV disebut...

A.      High cost publicity (publisitas biaya tinggi)

B.      Free publicity (publisitas bebas biaya)

C.      Low cost publicity (hemat biaya)

D.      Tie-in-publicity

E.       Paid publicity

27.   Publisitas yang dilakukan seseorang secara bebas tanpa mengeluarkan uang untuk membeli media yang disiarkan tanpa adanya permintaan khusus maupun paksaan; atau ketika media sedang meliputi peristiwa lainnya, disebut…

A.      Free publicity

B.      Tie-in-publicity

C.      Free publicity pada

D.      Pure publicity

E.       Paid publicity

28.   Suatu bentuk terbitan dari sebuah perusahaan atau organisasi yang sengaja dibuat dalam rangka mengadakan komunikasi dengan khalayaknya disebut…….

A.      Free publicity

B.      Tie-in-publicity

C.      Jurnal organisasi

D.      Pure publicity

E.       Paid publicity

29.   Berita yang ditulis di media massa, misalnya tentang penawaran suatu produk, layanan, acara disebut, ....

A.      Free publicity

B.      Tie-in-publicity

C.      Jurnal ornanisasi

D.      Advertising

E.       publisitas

30.   Berikut yang bukan termasuk syarat yang harus dimiliki apabila suatu usaha ingin diwaralabakan adalah……

A.      Memiliki ciri khas usaha

B.      Adanya dukungan yang berkesinambungan

C.      Terbukti justru memberikan kerugian

D.      Mudah diajarkan dan di aplikasikan

E.       Hak Kekayaan Intelektua yang telah terdaftar

31.   Berikut ini yang bukan termasuk konsep yang dipakai dalam pemasaran waralaba adalah.....

A.      Produk

B.      Price

C.      Place

D.      Promotion

E.       Public

32.   Waralaba mulai ramai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1970-an dengan mulai masuknya franchise luar negeri seperti berikut, kecuali………..


a.       Swensen

b.      Tahu bulat

c.       Burger King

d.      Kentucky Fried Chiken

e.      Shakey Pisa


33.   Waralaba / franchise berasal dari Bahasa Perancis affranchir yang berarti to free yang memiliki arti…..


a.       Menjual

b.      Bermitra

c.       Membeli

d.      Membebaskan

e.      Berdagang


34.   Jenis pembayaran oelh pihak franchise kepada franchisor sebagai imbalan dari pemakaian hak franchise oleh franchise disebut……..


a.       Direct expenses

b.      Franchise fee

c.       Biaya sewa

d.      Marketing and advertising

e.      Royalty


35.   Setiap orang bebas untuk mengadakan perjanjian, baik yang sudah diatur maupun yang belum diatur dalam undang-undang. Hal ini termasuk sebagai asas…….

a.       Konsensualisme

b.      Kebebasan berkontrak

c.       Itikad baik

d.      Pacta sunt servanda

e.      kemanusiaan

36.   Berikut yang termasuk bentuk waralaba merek dagang dan produk adalah…..

a.       Seseorang membuka toko waralaba ritel dengan usaha penjualan

b.      Penjahit memakai nama toko dari nama pribadi

c.       SPBU menggunakan nama/merek dagang PERTAMINA

d.      Seseorang membuat toko dengan nama keluarga besar

e.      Seseorang menjual makanan di lokasi pusat kota

37.   Waralaba merupakan hak khusus yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha terhadap system bisnis dengan ciri khas utama dalam rangka memasarkan barang dan atau jasa yang telah terbukti berhasil, merupakan isi dari Permen, yaitu……….

a.       No. 42 Tahun 2007

b.      No. 43 Tahun 2008

c.       No. 44 Tahun 2009

d.      No. 45 Tahun 2010

e.      No.46 Tahun 2011

38.   Berikut yang bukan termasuk syarat sahnya suatu perjanjian menurut Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata adalah……

a.       Suatu sebab yang halal (geoorloofde oorzaak)

b.      Kesepakatan (toesteming /izin) kedua belah pihak

c.       Mengenai suatu hal tertentu

d.      Dilindungi hokum dagang swasta

e.      Kecakapan bertindak

39.   Pembuat mesin jahit Singer yang sangat terkenal sekitas tahun 1850-an sekaligus pelopor munculnya franchise adalah……

a.       Isaac Singer

b.      PH Colin

c.       Col. Hrland Sanders

d.      George Que

e.      Mac McDonald

40.   Bentuk franchise yang menunjukkan pada pemberian hak mengelola toko grosir maupun pengecer yang dilakukan toko serba ada adalah…….

a.       Business format atau system franchise

b.      Processing or manufacturing franchise

c.       Conversion or affiliation franchising

d.      Group trading franchise

e.      Product franchise

41.   Suatu izin usaha pada perusahaan lain untuk menggunakan gagasan bisnisnya dan prosedur-prosedur untuk menjual barang-barnag atau jasa sebagai penukar royalty dan jenis-jenis lain dari suatu pembayaran, disebut…….

a.       Waralaba

b.      Business format

c.       Direct selling

d.      Affiliation franchising

e.      Special store

A

B

C

D

E

Data Identitas Pemberi Waralaba

Memiliki ciri khas usaha

Daftar penerima waralaba

Mudah dikerjakan dan dilakukan

Adanya dukungan yangberkesinambungan

42.   Dari data diatas, manakah yang merupakan ciri-ciri usaha waralaba adalah…….

a.     B, C, D

b.    A, C, E

c.     B, D, E

d.    A, B, C

43.   Adanya pengeluaran barang secara acak dan harga pokok barang yang sudah digunakan maupun yang masih ditentukan untuk dicari nilai rata-ratanya termasuk ke dalam metode…..

a.       FIFO

b.      Average

c.       LIFO

d.      Constanta

e.      Ceiling

44.   Terjadinya system perpetual karena pencatatan pada periode akuntansi yang dilakukan secara……

a.       Sistem beli putus

b.      Bulanan saja

c.       Sesuai kesepakatan

d.      Berkesinambungan

e.      Beberapa waktu saja

45.   Akun yang digunakan sebagai pengendali yang didukung dengan buku besar pembantu untuk setiap item barang adalah………

a.       Beban pokok penjualan

b.      Penjualan bersih

c.       Ikhtisar L/R

d.      Persediaan

e.      Beban Operasional

46.   Perusahaan yang menerapkan system periodic umumnya memiliki karakteristik persediaan yang beraneka ragam, namum nilainya relative kecil, diantarnya…….

a.       Supermarket

b.      Kios majalah

c.       Minimarket

d.      Toko swalayan

e.      Pusat pertokoan

47.   Pada saat penjualan menggunakan periodical average, junnal pada bagian debit menggunakan akun……

a.       Kas

b.      Utang dagang

c.       Penjualan

d.      Neraca

e.      Potongan penjualan

48.   Nilai pembagi yang digunakan pada perhitungan penilaian persediaan dengan metode harga rata-rata tertimbang adalah……..

a.       Nilai saldo awal barang dagangan

b.      Kuantitas saldo awal

c.       Total pembelian barang dagangan

d.      Kuantitas stok akhir

e.      Total kuantitas barang dagangan yang dibeli

49.   Setiap pembelian barang dagangan yang terjadi pada perhitungan penilaian persediaan dengan metode moving average ditambahkan ke dalam…..

a.       Pada saat barang masuk

b.      Kuantitas yang tersedia

c.       Harga pokok penjualan

d.      Pada saat barang keluar

e.      Nilai saldo persediaan barang

50.   Harga pokok barnag terjual dan barang yang masih belum terjual maupun persediaan akhir pada metode average adalah……

a.       Berbanding terbalik

b.      Selalu lebih kecil

c.       Sama besar

d.      Selalu lebih besar

e.      Sesuai kesepakatan

51.   Average methode menyatakan bahwa nilai persediaan akhir akan menghasilkan nilai persediaan dengan metode…..

a.       LIFO

b.      Random

c.       FIFO

d.      Kuantitas

e.      Kualitas

52.   Harga rata-rata pada metode moving average harus di-update……..

a.       Setiap saat

b.      Setiap hari

c.       Sebulan sekali

d.      Setiap minggu

e.      Setahun sekali

53.   Tiap-tiap counter setiap hari mendata barang yang dijual, apabila barang sudah habis / berkurang seorang pramuniaga biasa melakukan permintaan barang ke Gudang dengan melakukan pencatatan dengan metode LIFO adalah…..

a.       Paling awal masuk, barang yang lebih dulu dikeluarkan

b.      Paling akhir masuk, barang lebih dulu dikeluarkan

c.       Dikeluarkan dicatat berdasarkan harga rata-rata

d.      Transaksi barang, dibuat buku snediri

e.      Saldo dicocokkan dengan persediaan

54.   Metode ini, dianggap bahwa barang yang dibeli akhir akan dijual lebih dahulu, disebut……

a.       Lifo-perpetual

b.      Rata-rata bergerak

c.       Harga perolehan barang

d.      FIFO (First In First Out / MPKP

e.      Sistem pencatatan persediaan barang dagangan

55.   Salah satu Teknik pengendalian barang dalam bisnis ritel untuk mengontrol kesesuaian antara jumlah fisik dengan catatan pembukuan ataupun computer (mesin pencatat), adalah…………

a.       Hasil audit

b.      Tim Gudang

c.       Stock opname

d.      Team non Gudang

e.      Kalkulasi awal

56.   Pada hakikanya, stock opname sangant berkaitan erat dengan bagian……..

a.       Jumlah pelanggan

b.      Persediaan

c.       Modal awal

d.      Lokasi took

e.      Teknologi canggih

57.   Agar pencatatan persediaan lebih riil serta penghitungan biaya kerugian barang menjadi lebih rinci dan jelas, sebaiknya kegiatan stock opname yang dilakukan……..

a.       Setiap hari

b.      Seminggu sekali

c.       Setiap bulan

d.      Trisemester

e.      Setengah semester

58.   Dokumen transaksi yang lengkap harus selalau ada did setiap kejadian transaksi dengan tujuan memudahkan dalam proses……..

a.       Pencatatan persediaan barang saat barang masuk

b.      Mengetahui besarnya laba/rugi usaha

c.       Tindakan penyesuaian di pembukuan

d.      Mengetahui prospek dari produk yang bersangkutan

e.      Pembukuan dan laporan keuangan

59.   Berikut yang bukan merupakan bagian dari bukti catatan barang keluar adalah informasi tentang….

a.       Tanggal

b.      Kode dan nama barang

c.       Jumlah

d.      Harga barang

e.      Nama pelanggan

60.   Pada umumnya, Inventory Turn Over dinyatakan dalam satuan……..

a.       Menit

b.      Jam

c.       Hari

d.      Minggu

e.      Bulan

61.   Proses ITO akan melihat kondisi barang yang masuk dalam kategori sebagai berikut, kecuali….

a.       Slow moving

b.      Medium moving

c.       Start moving

d.      Fast moving

e.      Dead moving

62.   Petugas yang bertindak dalam menyiapkan dan mendistribusikan kecocokan count tag dari tim lapangan dengan melakukan data entry adalah…….

a.       Administrasi

b.      Coordinator

c.       Lapangan

d.      Bagian Gudang

e.      Bagian non gudang

63.   Ketika prosedur perhitungan stock opname sudah selesai dan disetujui oleh…….

a.       Auditor

b.      Direktur

c.       Accounting

d.      Gudang

e.      Peralatan

64.   Pemanfaatan barcode scanner diwujudkan dalam bentuk diagram….

a.       Kolom

b.      Lingkaran

c.       Donat

d.      Batang

e.      Silinder

65.   Untuk mencapai terjadinya kesepakatan atau kesesuaian antara pejual dengan pembeli, umumnya sering terjadi proses…

a.       Tawar-menawar

b.      Jual paksa

c.       Mempertahankan harga

d.      Beli paksa

e.      Tidak ada yang mengalah

 

Indikator Soal :

Dengan disajikan contoh jenis usaha, siswa dapat mengidentifikasi jenis penjualan langsung “order -taker” dengan benar.

66.   Penjualan order-taker dapat dilihat pada usaha…….

a.       Jasa service

b.      Cuci mobil

c.       Sewa apartemen

d.      Restoran

e.      Multi level marketing

 

Indikator Soal :

Dengan disajikan langkah-langkah dalam penjualan langsung, siswa dapat mengidentifikasi langkah awal penjualan langsung dengan benar.

67.   Perhatikan penyataan tentang langkah-langkah penjualan langsung berikut :

1.       Presentasi

2.       Demonstrasi

3.       Pendekatan

4.       Prapendekatan

5.       Memilih prospek

Manakah yang merupakan langkah pertama dalam penjualan adalah……..

a.       1

b.      2

c.       3

d.      4

e.      5

68.   Penjualan yang dilakukan oleh wiraniaga, pedaganga kaki lima, maupun penjaja keliling yang menawarkan produknya dari rumah ke rumah termasuk ke dalam kategori penjualan…….

a.       Diluar toko

b.      Melalui took

c.       Order-taker

d.      Ke pabrik

e.      Ke grosir

69.   Keseluruhan aktivitas usaha yang terkait dengan penjualan dan pemberian layanan kepada pelanggan untuk penggunaan yang sifatnya individu maupun keluarga sering disebut…….

a.       Ritel

b.      Supermarket

c.       Pasar

d.      Minimarket

e.      Distributor

70.   Pengelolaan bisnis ritel membutuhkan implementasi fungsi manajemen secara terintegrasi pada fungsi berikut, kecuali….

a.       Keuangan

b.      Pemasaran

c.       Sumber daya manusia

d.      Teknologi

e.      Operasional

71.   Perusahaan yang menjual produk kepada pelanggan akhir untuk pemakaian pribadi dan rumah tangga disebut……

a.       Retail store

b.      Store manager

c.       Department store

d.      Service retailling

e.      Manufactured

72.   Responsive selling sebagai jenis penjualan yang memiliki ciri bahwa setiap tenaga kerja penjual dapat memberikan reaksi terhadap permintaan pelanggan melalui………

a.       Route driving dan retailing

b.      New bussines selling

c.       Missionary selling

d.      Penjualan secara grosir

e.      Penjualan secara konsinyasi

73.   Right product strategi meliputi factor-faktor sebagai berikut, kecuali faktor….

a.       Estetika

b.      Fungsional

c.       Penjualan psikologis

d.      Penjualan secara grosir

e.      Penjualan secara konsinyasi

74.   Strategi yang digunakan sebagai kombinasi aktifitas penyajian pesan yang benar kepada sasaran yang tepat melalui media yang pas/sesuai disebut strategi……….

a.       Right promotion

b.      Right service

c.       Right quantity

d.      Right time

e.      Right place


Tidak ada komentar:

Posting Komentar