Selasa, 21 Juli 2020

Contoh Soal Beserta Jawabannya Mata Pelajaran Bisnis Online

SOAL BISNIS ONLINE

 

1.         Pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer dalam jaringan interaktif yang menghubungkan penjual dengan konsumen secara eleltronik disebut ...

A.         afiliate marketing

B.         online marketing

C.         video marketing

D.         social media marketing

E.         e-mail marketing

2.         Contoh media internet marketing yang paling baik adalah ...

A.         amazaon.com

B.         facebook dan twitter

C.         rajakarcis.com

D.         olx.com

E.         amazon.com

3.         Upaya menarik calon konsumen dengan cara menyediakan beragam informasi yang dicari konsumen seperti artikel dalam memasarkan produk disebut ...

A.         mobile marketing

B.         social media marketing

C.         content marketing

D.         continuous marketing

E.         search engine marketing

4.         Pada umumnya website lebih menekankan pada kualitas bagian kontennya karena tujuan dari situs tersebut adalah menyampaikan isinya, adalah fungsi ...

A.         komunikasi

B.         entertaiment

C.         informasi

D.         transaksi

E.         edukasi

5.         Berikut ini merupakan contoh dari web statis adalah ...

A.         detik.com

B.         kompas.com

C.         company profile

D.         facebook

E.         twitter

6.         Berikut ini yang bukan manfaat adanya website adalah ...

A.         memperluas jangkauan promosi

B.         sarana alih teknologi

C.         media tanpa batas

D.         promosi terluas

E.         media pengenalan perusahaan

7.         Berikut ini yang bukan perbedaan web statis dengan dinamis adalah ...

A.         interaksi pegunjung dengan pemilik web

B.         bahasa script yang digunakan

C.         penggunaan data base

D.         konten

E.         Menampilkan halaman informasi tertentu

8.         Pemilihan bentuk atau style yang digunakan pada elemen-elemen perancangan web dan digunakan pada semua halaman web sehingga mampu memperlihatkan visi dan misi dari web tersebut, adalah salah satu prinsip dasar desain web yang disebut ...

A.         komposisi

B.         semiotik

C.         ergonomis

D.         konsistensi

E.         simple

9.         Sebuah fasilitas komunikasi dalam internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik serta dapat menjangkau ke seluruh dunia, disebut dengan …

A.         e-commerce

B.         e-learning

C.         e-mail

D.         blog

E.         website

10.      Platform khusus pembuatan blog yang dikembangkan oleh Google adalah ...

A.         dreamweaver

B.         blogger

C.         prestashop

D.         front page

E.         wordpress

11.      Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan tujuan dibuatnya blog adalah …

A.         berbagi pengalaman

B.         berbagi software berguna

C.         menyalurkan hoby dengan kegiatan positif

D.         beraktualisasi diri

E.         mendapatkan teman yang banyak

12.      Pada blogger menu yang berfungsi untuk menampilkan semua artikel yang pernah dibuat baik yang sudah dipublikasikan atau yang masih berbentuk draft adalah…

A.         statistika

B.         komentar

C.         tema

D.         tata letak

E.         pos

13.      Menu pada blogger yang berfungsi untuk mengatur penempatan tampilan artikel pada blog juga bisa untuk menambahkan widget tertentu yang disediakan oleh blogger disebut …

A.         statistika

B.         komentar

C.         tema

D.         tata letak

E.         pos

14.      Menu pada blogger yang berfungsi untuk menampilkan sementara content blog yang telah diinput dengan artikel, photo, dan video sebelum dipublikasikan disebut …

A.         publikasikan

B.         simpan

C.         pratinjau

D.         tutup

E.         compose

15.      Pemasaran dari mulut ke mulut di mana pelanggan mempromosikan sebuah produk dengan cara menceritakan kepada orang lain secara berantai, merupakan pengertian viral marketing menurut …

A.         Turban

B.         Steve juvetson

C.         Wiranaga

D.         Armstrong dan kotler

E.         Arifin

16.      Berikut ini yang merupakan kelemahan dari Viral Marketing adalah …

A.         cepatnya penyebaran informasi melalui internet

B.         baya yang dikeluarkan relatif kecil

C.         sangat susah untuk dikontrol

D.         memiliki korelasi dengan merek yang sudah terkenal

E.         memberikan kredibikitas instan kepada perusahaan

17.      Suatu media online di mana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi disebut dengan…

A.         media massa

B.         media elektronik

C.         media sosial

D.         media audio

E.         media visual

18.      Berikut ini yang bukan termasuk ciri – ciri media sosial adalah …

A.         pesan yang disampaikan bisa ke banyak orang

B.         pesan yang disampaiakan tanpa harus melalui gatekeeper

C.         pean disampaikan dengan lebih cepat disbanding dengan media lainnya

D.         penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

E.         pesan yang diterima hanya untuk satu orang

19.      Serangkaian proses yang dilakukan oleh pemilik blog agar blognya dapat masuk ke halaman mesin penjelajah (search engine) disebut ….

A.         search engine organization

B.         search engine automatic

C.         search engine analogical

D.         search engine optimization

E.         search engine optimalisation

20.      Proses googlebot yaitu mencari halaman – halaman baru atau yang diupdate untuk ditambahkan ke dalam indeks google, disebut …

A.         indexing

B.         delevering

C.         processing

D.         crawling

E.         loading

21.      Manfaat SEO pada website secara umum adalah untuk …

A.         mengurangi kesalahan dalam pemasaran

B.         mengembangkan produk

C.         mengetahui kelemahan pesaing

D.         menghemat waktu

E.         menghemat biaya

22.      Berikut ini beberapa teknik untuk mencari kata kunci yang harus dilakukan agar page range pada blog atau website menjadi dikenal, kecuali ….

A.         memilih kata untuk judul postingan dengan google keyword tools

B.         memilih kata untuk judul postingan dengan google search tools

C.         memilih kata kunci untuk label blog dengan google keyword tools

D.         memilih kata kunci untuk label website dengan google keyword tools

E.         langsung membuat judul blog dan menambahkan tag/ label

23.      Berikut ini yang tidak termasuk strategi dalam membuat SEO adalah ….

A.         gunakan template blog yang seo friendly

B.         gunakan label/ kategori dengan baik

C.         tambahkan related post/ internal link

D.         artkel blog harus memuat teks, gambar, audio, dan video

E.         permudah pengunjung untuk share di jejaring sosial

24.      Teknik mengoptimalkan website atau blog agar disukai oleh mesin pencari disebut dengan ….

A.         SEO

B.         SEO on page

C.         SEO off page

D.         crawling

E.         serving

25.      Program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google adalah …

A.         adsense

B.         affiliate merchant

C.         strategi pengindekkan

D.         affiliate marketing

E.         mobile website

26.      Berikut ini yang tidak termasuk tipe iklan Google Adsense adalah ….

A.         adsense for content

B.         adsense for search

C.         adsense for advertising

D.         adsense for video

E.         adsense for mobile

27.      Jenis keyword yang hanya menampilkan iklan anda apabila kata-kata yang digunakan benar-benar sama atau mrip sekali, disebut ….

A.         broad keyword

B.         phrase keyword

C.         exact keyword

D.         negative keyword

E.         positive keyword

28.      Keyword yang memungkinkan anda untuk mencegah iklan ditampilkan apabila pencari menggunakan kata-kata tertentu, disebut ….

A.         broad keyword

B.         phrase keyword

C.         exact keyword

D.         negative keyword

E.         positive keyword

29.      Berikut ini bukan merupakan tips dalam memilih PPC yang baik, yaitu ….

A.         pilih ppc yang memberikan komisi yang terbesar

B.         cari rekomendasi dari rekan yang sudah mencoba program ppc

C.         untuk lebih amannya pilih ppc lokal saja

D.         pilih ppc yang sudah terjamin dan teruji

E.         pilih ppc yang tidak dikenakan biaya

30.      Berikut ini yang bukan kelemahan PPC adalah …

A.         iklan ppc yang dibuat tidak selamanya membentuk kampanye produk

B.         sulit mendapatkan posisi teratas pada mesin pencarian google

C.         membutuhkan pengetahuan khusus dan pengalaman yang luas

D.         iklan ppc menuntut pendanaan yang berkelanjutan

E.         biaya yang cukup terjangkau

31.      Pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impersi halaman (per 1000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya disebut …

A.         pay per click (PPC)

B.         page impression

C.         click through rate (CTR)

D.         cost per click (CPC)

E.         cost per million (CPM)

32.      Iklan yang terdapat dalam situs web (blog) terdiri dari beberapa jenis dan ukuran, pada umumnya berupa iklan teks (tulisan) disebut ….

A.         link unit

B.         ad unit

C.         alternate ads

D.         channel

E.         page impression

33.      Jumlah  yang menunjukkan berapa kali halaman yang megandung ad unit dibuka oleh pengunjung disebut …

A.         link unit

B.         ad unit

C.         alternate ads

D.         channel

E.         page impression

34.      Orang atau pemilik situs (halaman blog) yang sudah bergabung dan memasang iklan adsense di situs mereka dinamakan ….

A.         cost per million

B.         adsense for content

C.         publics service ads

D.         page impressions

E.         publisher

35.      Faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi pemasaran dalam e-commerce adalah sebagai berikut, kecuali ...

A.         daur hidup produk

B.         posisi persaingan perusahaan di pasar

C.         situasi ekonomi

D.         situasi politik dan keamanan

E.         penggunaan media online

36.      Suatu proses membeli dan menjual produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis, adalah pengertian e-commerce menurut ...

A.         Kalakota

B.         Whinstom

C.         Laudon & laudon

D.         Philip Kotler

E.         Amstrong

37.      E-commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang, adalah perspektif e-commerce …

A.         perspektif komunikasi

B.         perspektif proses bisnis

C.         perspektif pelayanan

D.         perspektif online

E.         perspektif hukum

A.         konten langsung mengarah ke orang yang tepat

38.      Aplikasi mobile yang menawarkan undian berhadiah sebagai suatu nilai tambah yang dapat dinikmati oleh konsumen disebut ….

A.         information standard type

B.         entertainment standard type

C.         raffle standard type

D.         coupon standard type

E.         shopping standard type

39.      Berikut ini yang merupakan kerugian dari afiliasi pemasaran adalah ...

A.         adanya iklan palsu

B.         pembeli tidak harus datang ke toko

C.         pemasar menikmati bisnisnya sendiri menjadi boss

D.         tidak perlu khawatir dukungan pelanggan

E.         cara yang mudah dalam menciptakan sumber pendapatan

40.      Program kerjasama (perkongsian) keuntungan yang ditawarkan oleh pihak yang memasarkan produk, dimana anda akan dibayar oleh konsumen jika berhasil mengantarkan seorang pelanggan kepada pihak yang memasarkan produk tersebut baik secara offline maupun online, disebut dengan ...

A.         kongsi dagang

B.         program afiliasi

C.         program negosiasi

D.         program konsolidasi

E.         konspirasi dagang


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar